EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Pair Check efektif terhadap kemampuan literasi matematika pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 26 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dengan jumlah total 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil persentase ketuntasan secara klasikal pada kemampuan literasi matematika mencapai 87,9% (Tuntas) dan berdasarkan analisis deskriptif kesesuaian tingkat pembelajaran Pair Check dapat dilihat dari lembar observasi aktivitas belajar siswa diperoleh hasil rata-rata 4 (aktif). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif tipe Pair Check efektif terhadap kemampuan literasi matematika siswa.
Rincian Artikel
Referensi
Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7294
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659
Lestari, I. P. (2023). Manajemen Bimbingan dan Konseling Dalam Proses Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA di SMPN 2 Ponorogo. http://repository.iainponorogo.ac.id/1247/1/206190037_ITA PUJI LESTARI_MPI.pdf
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi. (2019). Pengembangan LKS berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37–48.
Rahmawati, N. D., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). Bagaimana Matematika Tumbuh Berdasarkan Pandangan Filsafat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(November), 363–366. https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3341
Siregar, A. P. R. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyan 38 Medan Krio. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1707–1715. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11333
Siregar, N., & Ovilyani, R. (2017). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Menggunakan Indihome Sebagai Penyedia Jasa Internet Di Kota Medan (Studi Kasus Kantor Plaza Telkom Cabang Iskandar Muda No. 35 Medan Baru). Jurnal Manajemen Tools, 7(1), 65–76. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/177
Yosa, N. A., Harahap, T. H., Matematika, P. P., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Pair Checks (PC) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Pada Siswa SMP Istiqlal Deli Tua. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 29–33. https://doi.org/10.30596/jmes.v1i1.4069
Zalukhu, A., Berkat, D., Hulu, T., Surya, N., Zebua, A., & Naibaho, T. (2023). Kedudukan dan Peran Filsafat dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(3), 6054–6062. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31004/joe.v5i3.1371