PENGEMBANGAN E-MODUL ANDROID BERBASIS HYBRID LEARNING PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pelaksanaan pembelajaran di kelas teori bilangan tanpa menggunakan modul sehingga mahasiswa mengalami keterbatasan dalam bahan ajar. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah menyediakan bahan ajar yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata kuliah Teori Bilangan, mengetahui kevalidan dari ahli materi dan ahli media, serta mengetahui respon mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan research and development (R & D) menurut Borg dan Gall. Penelitian ini menghasilkan e-modul berbasis hybrid learning pada mata kuliah Teori Bilangan. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli media, e-modul dinyatakan sangat valid. Ahli media I memberikan skor 93,6% (sangat valid) dan ahli media II memberikan skor 88,4% (sangat valid). Selanjutnya ahli materi I memberikan skor 90,5% (sangat valid) dan 87,3% (sangat valid) dari ahli materi II. Hasil uji coba lapangan skala kecil menghasilkan skor 93% (sangat baik) dan pada uji coba lapangan skala besar, e-modul ini juga mendapatkan skor 88,31% (sangat baik).
Rincian Artikel
Referensi
Andriani, D. S., Saputra, A., Husin, A., & Waty, E. R. K. (2022). Survei Kepuasan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Sriwijaya terhadap Pelaksanaan Hybrid learning Pasca Covid 19. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 374–384. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2796
Aziz, M. T., Ariga, S., Etin, E., & Haris, A. (2023). Hybrid learning dalam Pembelajaran PAI Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 690–695. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.229
Dewi, D. K., Pangesthi, L. T., Purwidiani, N., & Widagdo, A. K. (2023). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional Pada KD Menganalisis Sweet Bread Di SMKN 1 Lamongan. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 162–179. http://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/pustaka/article/view/507
Faridah, A., & Afridiani, W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui E-modul Berbasis Android. Mimbar Ilmu, 26(3), 476. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39008
Fauziyah, R. S., Anriani, N., & Rafianti, I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Menggunakan E-modul Berbantu Kodular Pada Smartphone. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 71. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i1.13180
Gultom, J. R., Sundara, D., & Fatwara, M. D. (2022). Pembelajaran Hybrid learning Model Sebagai Strategi Optimalisasi Sistem Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi Di Jakarta. Mediastima, 28(1), 11–22. https://doi.org/10.55122/mediastima.v28i1.385
Imas Tesia Putri, Rina Oktaviyanthi, & Khotimah, K. (2022). Perancangan E-modul Interaktif Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 820–830. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.693
Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261
Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 179–187. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2101
Lutvaidah, U., & Purnama, M. S. . (2022). Respon Mahasiswa terhadap Pembelajaran Hybrid learning. Jurnal Literasi Digital, 2(3), 198–206. https://doi.org/10.54065/jld.2.3.2022.242
Maryana, Suaedi, & Nurdin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Dan Ispring Quizmaker Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 53–61. http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1455/1269
Mujahidain, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konversi Satuan Berat Berbasis Serious Game untuk Siswa Sekolah Dasar. https://repo.undiksha.ac.id/4399/
Napirah, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Modern di Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo. Pusdiklat Kemendikbud.
Ramadanti, E., Mukhlis, I., & Hadi Utomo, S. (2021). Dampak pandemi COVID-19 terhadap pendidikan tinggi di Kota Malang. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(3), 209–218. https://doi.org/10.17977/um066v1i32021p209-218
Raradhita, A., Sukamto, S., & Wakhyudin, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Bangun Datar Kelas Iv Melalui Pendekatan Open Ended Berbasis Tpack Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Batang. Wawasan Pendidikan, 2(1), 126–136. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9779
Riyadi, S., & Qamar, K. (2020). Efektivitas E-modul Analisis Real Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1), 31–40. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.554
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Syarlisjiswan, M. R., Sukarmin, & Wahyuningsih, D. (2021). The development of e-modules using Kodular software with problem-based learning models in momentum and impulse material. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012078
Utama, C. (2020). Using Electronic Learning Cycle (e-LC) to Improve Students’ Higher-Order Thinking Skills (HOTS). Journal of Xi’an University of Architecture & Technology, XII(V). https://doi.org/10.37896/jxat12.05/1429
Yanindah, A. T. C., & Ratu, N. (2021). Pengembangan E-modul SUGAR Berbasis Android. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 607–622. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.445