PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PMRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik matematika berbasis pendekatan PMRI untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Mixed Method yang terdiri atas dua tahapan yaitu penelitian pengembangan dan ekperimen. Metode pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Sedangkan penelitian eksperimen untuk menguji efektivitas penggunaan lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Aimas kelas VII. Penelitian ini menggunakan lembar kerja peserta didik pendekatan PMRI pada materi segiempat dan segitiga kelas VII yang valid, praktis, dan efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Dari hasil komentar dan saran validator diketahui bahwa lembar kerja peserta didik valid dari segi materi dan media. Setelah implementasi lembar kerja peserta didik pada peserta didik, lembar kerja dinyatakan praktis berdasarkan angket respon peserta didik. Dari hasil efektivitas diperoleh bahwa lembar kerja peserta didik efektif digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
Rincian Artikel
Referensi
Lubis, J. N, Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Problem Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High School Bilah Hulu Labuhan Batu. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 131–137. https://www.researchgate.net/publication/318585223_Analysis_Mathematical_Problem_Solving_Skills_of_Student_of_the_Grade_VIII-2_Junior_High
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer Science & Business Media.
Creswell, J. W., Plano Clark, V. L., Gutmann, M. L., & Hanson, W. E. (2003). ). Advanced mixed methods research designs. Handbook of mixed methods in social and behavioral research, 209-240. https://scirp.org/reference/referencespapers.aspx?referenceid=2112609
Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didatik Matematika, 21–34. https://jurnal.usk.ac.id/DM/article/view/1336
Fauzan, A., & Gistituati, N. (2018). Instructional Design for Teaching Sets Using RME Approach at Junior High School.
Hidayat, R., & Iksan, Z. H. (2015). The Effect of Realistic Mathematic Education on Students ’ Conceptual Understanding of Linear Progamming. December, 2438–2445.
Istiqomah, F. (2022). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Dan Bisnis, 4(2), 135–142. https://doi.org/10.37087/jtb.v4i2.100
Rahmi, S., Nadia, R., Hasibah, B., & Hidayat, W. (2017). The Relation Between Self-Efficacy Toward Math With The Math Communication. Infinity Journal, 6(2), 177–182. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p177-182
Rhomaya, E., Rufii, & Fatirul, A. N. (2019). Matematika Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X SMA YPM 2 Sukodono. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 7(2), 188–195. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/935
Sari, D. P., Caswita, & Bharata, H. (2019). Pengembangan Lkpd Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 12(2), 242–253. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21864
Siregar, A. S., Surya, E., Syahputra, E., & Sirait, A. R. (2018). The Improving Mathematical Communication Ability and Students ’ Self-Regulation Learning through Realistic Mathematical Approach Based on Batak Toba Culture. American Journal of Educational Research, 6(10), 1397-1402. https://doi.org/10.12691/education-6-10-9
Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Thomson, S., Wernert, N., O ’grady, E., & Rodrigues, S. (2015). A first look at Australia’s results.
Umami, R., Budayasa, I. K., & Suwarsono, S. (2017). Teachers Mathematical Communication Profile in Explaining Subject Matter. International Conference And Workshop On Mathematical Analysis and Its Applications (Icwomaa 2017), 1913(1), 1-5. https://doi.org/10.1063/1.5016661
Wubbels, T., Korthagen, F., & Broekman, H. (1997). Preparing Teacher for Realistic Mathematics Education. Educational Studies in Mathematics, JSTOR, 31(1), 1–28. https://www.jstor.org/stable/3483008
Yarman, Fauzan, A., Armiati, Yerizon, & Lufri. (2021). The Development of Student Worksheet Based on Realistic Mathematics Education in Ordinary Differential Equations of Order-1. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012018
Zakiah, L., Syifa, A., Saomi, N., Syara, R., Hidayat, W., & Hendriana, H. (2018). The Efficiency Of Using Education Videos On The Linear Program Material As Observed In Vocational High School Students’. Journal Of Educational Experts (JEE), 1(1), 11–18. https://doi.org/10.30740/jee.v1i1p13-20.2
Zakiri, I. K., Pujiastuti, E., & Asih, T. S. N. (2018). Unnes Journal of Mathematics Education The mathematical communication ability based on gender difference on students of XI grade by using problem based learning model assisted by probing prompting technique. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(2), 78–84. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i2.20645
Zulkardi, & Putri, R. I. (2010). Pengembangan Blog Support untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Inovasi Perekayasa Pendidikan , 1-24. https://www.semanticscholar.org/paper/Pengembangan-blog-support-untuk-membantu-siswa-dan-Zulkardi-Putri/6aa5630d4b52bcd00a0545b3a78bc015472753a3