PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL TIMOR TENGAH UTARA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar (hand out) yang valid, praktis dan efektif. Metode R and D dilakukan di SMP N Maubeli, dengan objek penelitian bahan ajar (handout) materi system persamaan linier dua Variabel. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VII SMP dan guru mata pelajaran matematika. Penelitian dilaksanakan denngan langkah penelitian Model 4D sebagai yaitu menganalisis pentingnya bahan ajar / handout (define), penetapan kriteria, pemilihan jenis bahan ajar dan pemilihan format, (Design), membuat draft bahan ajar (develop), diseminasi (disseminate). Bahan ajar handout yang telah dikembangkan berdasarkan prosedur R and D model 4D disimpulkan bahwa: Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan kontekstual berbasis kearifan lokal materi sistem persamaan linear dua variabel dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan.
Rincian Artikel
Referensi
Arif, A., Sukuryadi, S., & Fatimaturrahmi, F. (2019). Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar Di Perpustakaan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Smp Negeri 1 Praya Barat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 1(2), 108–116. https://doi.org/10.58258/jisip.v1i2.184
Bintiningtiyas, N., Lutfi, A., Kimia, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2016). Pengembangan Permainan Varmintz Chemistry Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Periodik Unsur Development of Varmintz Chemistry As Learning Media on Periodic System of Element. Unesa Journal of Chemical Education, 5(2), 302–308. https://doi.org/10.26740/ujced.v5n2.p%25p
Elaine B. Jhonsos. (2015). Contextual teaching and learning. Journal of History Culture and Art Research, 4(3), 91. https://doi.org/10.7596/taksad.v4i3.482
Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 124-130. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225
Fiki, M., Adi, N., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2023). Research & Learning in Faculty of Education Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Etnosains Sejarah Palembang di SMA. Journal On Teacher Education. 4(4), 256–264. https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14417
Guntur, M., Muchyidin, A., & Winarso, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen Komik Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 43. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1667
Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Depdiknas Jakarta, 1–13. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/194601291981012-PERMASIH/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR.pdf
Magdalena, I., & , Riana Okta Prabandani, Emilia Septia Rini , Maulidia Ayu Fitriani, A. A. P. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Mu’arif, A. N., Andriyansah, R., Nataliasari, D., Rahmin, S., Kurniawati, S., & Darmadi, D. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Saat Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 67–71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1787
Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan Berpikir Abstrak Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159–176. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no2.2017pp159-176
Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 13(2), 194–205. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v13i2.959
Swaditya Rizki & Nego Linuhung. (2016). Design Research and Development 4D Model for Developing Mathematics Teaching Materials. The First International Conference on Law, Economics and Education Muhammadiyah University of Metro, Indonesia, 228–291.
Taneo, A. G., Amsikan, S., & Klau, K. Y. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Pada Materi Himpunan. MATH-EDU: Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 26–30. http://jurnal.unimor.ac.id/JIPM/article/view/855