PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA TIPE PISA MENGGUNAKAN KONTEKS TUGU YOGYAKARTA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika tipe PISA menggunakan konteks Tugu Yogyakarta yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research tipe development studies, yang terdiri dari dua tahap: preliminary dan formative evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumen, walkthrough, observasi, dan tes. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Depok Sleman. Hasil penelitian berupa soal matematika PISA yang valid pada tahap expert review dan one to one, sedangkan kepraktisan dilakukan oleh tahapan small group. Kemudian pada efek potensial yang muncul terlihat dari hasil analisis jawaban siswa pada tahap field test yang dihubungkan dengan kemampuan literasi siswa berdasarkan pada framework PISA 2018. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa siswa mampu melibatkan kemampuan komunikasi, kemampuan penalaran dan argumentasi, serta kemampuan mematematisasi dalam menyelesaikan soal tipe PISA menggunakan konteks Tugu Yogyakarta.
Rincian Artikel
Referensi
Aziz, H. E., & Hidayati, N. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. Prosiding Sesiomadika, 2(3), 824-828. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2500
Cahyono, A.N. (2010). Vygotskian Perspective: Proses Scaffolding untuk Mencapai Zone of Proximal Development (ZPD) Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Proceeding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 442-448. https://eprints.uny.ac.id/10480/1/P3-Adi.pdf
Charmila, N., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2016). Pengembangan soal matematika model PISA menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20 (2), 198-207. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7444
Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2), 94-103. https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.512
Kadir, K., & Masi, L. (2013). Penggunaan konteks dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SMP. Proceeding KNPM V Malang, 786-796. https://adoc.pub/penggunaan-konteks-dalam-pembelajaran-matematika-untuk-menin.html
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah dalam Lampiran Permendikbud No 68 Tahun 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Novita, R., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2012). Exploring Primary Student's Problem-Solving Ability by Doing Tasks Like PISA's Question. Journal on Mathematics Education, 3(2), 133-150. https://doi.org/10.22342/jme.3.2.571.133-150
OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing.
OECD. (2016). PISA 2015 Assesement and Analytical Framework: Science,Reading, Mathematic and Finacial Literacy. OECD Publishing.
OECD. (2018). PISA 2015 Results in Focus. Columbia University
OECD. (2019). PISA 2018 Assesment and Analytical Framework. OECD.
Oktiningrum, W., Zulkardi, & Hartono, Y. (2016). Developing PISA-like Mathematics Task with Indonesia Natural and Cultural Heritage asContext to Assess Students’ Mathematical Literacy.Journal on Mathematics Education, 7 (1), 1-8. http://dx.doi.org/10.22342/jme.7.1.2812.1-8
Putra, Y. Y., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4, 5, 6 Menggunakan Konteks Lampung. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 10-16. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4832
Putra, Y. Y., & Vebrian R. (2020). Literasi Matematika (Mathematical Literacy) Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung. Deepublish Publisher.
Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. Kogan Page
Wikipedia. (2019). Konteks. Retrieved April 21, 2019. From https://id.wikipedia.org/wiki/Konteks.
Zulkardi. (2002). Developing a learning environment on realistic mathematics education for Indonesian student teacher. Dissertation. University of Twente, Enschede. The Netherland. Published Dissertation.
Zulkardi, Z., & Kohar, A. W. (2018, January). Designing PISA-Like Mathematics Tasks In Indonesia: Experiences and Challenges.Journal of Physics: Conference Series. 947(1), 1-7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012015