PENGEMBANGAN INTERACTIVE VIDEO LECTURE BERORIENTASI MASALAH AUTENTIK UNTUK PEMBELAJARAN ARITMETIKA SOSIAL DI SMP KELAS VII
Isi Artikel Utama
Abstrak
Sumber belajar untuk peserta didik di sekolah pada umumnya sangat terbatas. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Interactive Video Lecture materi aritmetika sosial yang valid dan efisien. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Banjar. Pengembangan menggunakan model ADDIE (Analisys, Desain, Development, Implementation, and Evaluation) yang hanya sampai pada tahap Development. Pengumpulan data menggunakan angket berupa angket evaluasi ahli, angket respon peserta didik, dan angket respon guru. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Interactive Video Lecture menampilkan visualisasi yang menarik dan menggunakan masalah autentik dalam memberikan contoh dan latihan soal. Hasil penelitian menunjukkan Interactive Video Lecture telah memenuhi kriteria valid dan efisien. Sehingga Interactive Video Lecture yang dikembangkan memiliki kualifikasi yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran pada wilayah yang lebih luas.
Rincian Artikel
Referensi
Arifin, Z. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta: Scripta
Arikunto, Suharsimi.2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ashri Dinimaharawati (2015). “Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMK”. Jurnal. https://docplayer.info/58048630-Bab-iii-metode-penelitian.html. diakses pada 10 November 2019 pukul 15.21.
Candiasa, I M. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Apikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.
Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI. UPI.
Deni Hardianto. (2005). Media Pendidikan sebagai Sarana Pembelajaran yang Efektif. Majalah Ilmiah Pembelajaran 1, Vol. 1. Hlm 95-104
H. David Brecht (2012). “Learning from Online Video Lectures”. Jurnal. http://www.jite.informingscience.org/documents/Vol11/JITEv11IIPp227-250Brecht1091.pdf . Diakses pada 7 November 2019 pukul 22.10.
Hudoyo, H. 2002. Representasi Belajar Berbasis Masalah. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. ISSN: 085-7792. Tahun VIII, edisi khusus.
Ibrahim. 2012. “Pembelajaran matematika Berbasis Masalah Yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional”. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Volume 01, Nomor 01.
ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS, Surabaya, 4 Agustus 2010.
Inung Diah Kurniawati1 dan Sekreningsih Nita (2018). “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa”. Journal of Computer and Information Technology, Volume 1, Nomor 2, ISSN 2579-5317.
Iqbal, M.J. 2006. Modular approach in teaching. Allama Iqbal Open University Islamabad: Departement of Distance &Non Formal Education.
Ive Assessing, 2nd ed. USA: Libraries Unlimited rs, Karen S. 2002. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and
Iwan Falahudin. 2014. “Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran”. Jurnal, Volume 1, Nomor 4, ISSN 104-117.
Luh Made Indria Dewi dan Ni Luh Rimpiati (2016). “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Seting Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritia Pada Anak Usia Dini”. Jurnal, Volume 01, Nomor 01, ISSN 2502-4728.
Martikasari. 2018. “Media Pembelajaran Interaktif Dalam Era Revolusi 4.0”. Jurnal. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Indonesia. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjnl47lv9jlAhUCVH0KHa2uCsQQFjAAegQIBRAC&url=http%3A%2F%2Fe-conf.usd.ac.id%2Findex.php%2Fsfkip%2Fsfkip%2Fpaper%2Fdownload%2F26%2F23&usg=AOvVaw04ZZTsd63UAaQ2fna--43c. Diakses pada 1 November 2019 pukul 09.55.
Mudlofir A.,Rusydiyah.2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Surabaya: PT Rajagrafindo
Muhammad Istiqlal. 2017. “Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1, ISSN 2502-8391.
Putra Juana. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Pendekatan Multi Representasi Pada Materi Pecahan Untuk Siswa SMPLB Tunarungu Kelas VII”. FMIPA. Matematika. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.
Riyana, C. 2007. Pedoman pengembangan modul multimedia interaktif. Bandung: Program P3AI UPI.
Ruhimat, T. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Gravindo Persada
Sambas M. A., Maman, A. 2007. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Suarsana, dkk (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Masalah Autentik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 12, Nomor 1.
Sudarwan Damin,. 1994. Media Komunikasi Pendidikan : Pelayanan Profesional
Sudiarta, dkk (2013). “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Berbasis Masalah Matematika Otentik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Harapan Nusantara Denpasar”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, Volume 3, Nomor 1.
Sudjana, N dan Rivai A. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Talizaro Tafonao. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa”. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Volume 02, Nomor 02, ISSN 2549-4163.
Tegeh, I M., &Kirna, I M. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Utari Sumarmo. 2007. Pedoman Pengembangan Media Interaktif. Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.