PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI AGAMA MAN 1 JEMBRANA MELALUI PENERAPAN BLENDED LEARNING TIPE FLIPPED CLASSROOM MENGGUNAKAN MOODLE
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI Agama MAN 1 Jembrana melalui penerapan Blended Learning tipe Flipped Classroom menggunakan MOODLE. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana subjek penelitian adalah siswa kelas XI Agama MAN 1 Jembrana pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 26 orang. Data pemahaman konsep matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes uraian. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif, dan hasilnya menunjukkan peningkatan yang optimal dimana rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I sebesar 72,12, meningkat menjadi 80,35 pada siklus II, dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 85,17 dengan KKM 80. Peningkatan ini terjadi karena adanya interaksi yang cukup kuat selama proses pembelajaran berlangsung, seperti dikarenakan pembelajaran dikelas yang diperbanyak dengan penekanan pada konsep dari materi dan pemberian contoh soal sehingga siswa dapat lebih memahami terkait konsep dari materi yang diajarkan, selain itu penerapan model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom juga membuat suasana belajar yang baru dan mereka mempelajari materi pembelajaran dengan menonton video sehari sebelum pembelajaran dikelas berlangsung secara online melalui MOODLE sehingga hal ini membuat mereka menjadi lebih sering belajar dan lebih siap lagi dalam menerima pembelajaran dikelas, serta dengan menggunakan MOODLE membuat guru dapat memantau siswa apakah sudah belajar secara online atau belum.
Rincian Artikel
Referensi
Candiasa, M. (2010). Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEP. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Handoko & Waskito. (2018). Blended Learning Teori dan Penerapannya. Sumatra Barat: Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas
Husamah. (2014). Pembelajaran BAURAN (Blended Learning). Malang: Prestasi Pustaka.
NCTM. (2000). Principles and Standars For School Mathematics.New York: National Council of Teachers of Mathematics.
Nurkhamid. (2008). Mengelola e-learning dengan MOODLE. Yogyakarta : UNY.
Suharsini, Arikunto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Irna, SM., dkk. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. EDUTCEHNOLOGIA.
Kurniawati, M., dkk. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Nurjayati. (2014). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa” dalam Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 10. Tadulako: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.