PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ICARE BERBANTUAN MASALAH OPEN ENDED
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan mengetahui tanggapan siswa terhadap implementasi model pembelajaran ICARE berbantuan masalah open ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 32 orang siswa VIII F SMP Negeri 8 Singaraja. Data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes esai kemampuan pemecahan masalah. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang ada pada model pembelajaran ICARE berbantuan masalah open ended selama proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Peningkatan yang terjadi dapat dilihat melalui nilai rata-rata kemampuan pemecahan matematika siswa mengalami peningkatan 32,11 pada refleksi awal dan meningkat menjadi 60,94 pada siklus II. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 0% pada refleksi awal menjadi 43,75% pada siklus II. Peningkatan ini terjadi karena adanya upaya-upaya perbaikan pada tiap siklusnya yang berpedoman pada hasil refleksi siklus sebelumnya, sehingga siswa berpartisi lebih aktif dalam pemebelajaran, mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri mengenai materi pelajaran yang sedang dipelajari dengan mengaitkan materi yang sudah pernah dipelajari, dengan pemeberian masalah open ended pada LKS memicu kreativitas berpikir siswa yang bermuara pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Rincian Artikel
Referensi
Amperawan, I. W., Pujawan, I. G. N., & Suarsana, I. M. (2018). Komparasi kemampuan pemecahan masalah matematika antara pmr dan pbm pada materi geometri smp kelas vii. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 47–60.
Indra Puspita Dewi, K., Wisna Ariawan, I. P., & Gita, I. N. (2019). Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Tabanan. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(2), 43. https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19917
Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, Dan Kecerdasan Logis Matematis. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016, 69–73.
Juliantari, N. P., Suharta, I. G. P., & Suarsana, I. M. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Bilangan Melalui Model Treffinger Berbantuan Masalah Open-Ended. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 438. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.235
N. N. A. Partini, G. Suweken, I. M. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Pows Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Singaraja. 9, 1–9.
N. W. Ina Sukma Dewi, I M. Suarsana, I. P. P. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Masalah Autentik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematikan. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 12(1), 219. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2495
Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Parwati, N. N. (2008). Pembelajaran Matematika Berorientasi Open-Ended Problem Solving. 65–70.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.
Siswono, T. Y. E. (2008). Model pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Surabaya: Unesa university press.
Sudiarta, I. G. P. (2008). Paradigma Baru Pembelajaran Matematika: Membangun Kompetensi Matematis Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Open-Ended (Singaraja. Buku Referensi.
Sudiarta, I. G. P., & Putu, G. (2010). Makalah Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif. Disajikan Dalam Pendidikan Dan Pelatihan MGMP Matematika SMK Kabupaten Karangasem.
Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Jica.
Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Yasa, N. Y. P., Astawa, I. W. P., & Sudiarta, I. G. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Icare Berbantuan Masalah Matematika Terbuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viiismplaboratorium Undiksha Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(1), 84. https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19921
Azkiya, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort dan Motivasi Belajar dalam Mata Kuliah Keterampilan Bersastra Ke SD-an Mahasiswa Prodi PGSD. Jurnal Bahastra, 37.