PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DENGAN BANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dengan bantuan GeoGebra pada materi transformasi geometri kelas IX. Penelitian pengembangan ini menerapkan model 4D, namun hanya sampai pada tahapan define, design, dan develop. Karakteristik dari multimedia yang dikembangkan yaitu (1) terdapat komponen utama yaitu materi, latihan soal, dan soal evaluasi, (2) siswa dapat melakukan interaktivitas dengan menjawab pertanyaan pada multmedia dan akan diberikan feedback atas jawaban siswa, dan (3) memberikan kesempatan bagi siswa untuk melakukan eksplorasi. Penilaian terhadap multimedia yang dikembangkan mendapat skor rata-rata 3,55 dari ahli media dengan kriteria sangat layak dan skor rata-rata 3,6 dari ahli materi dengan kriteria sangat layak. Uji coba terbatas dilakukan di SMP Negeri 1 Tejakula yang melibatkan 5 siswa kelas IX dan 1 guru pengajar. Dari hasil uji coba, diproleh skor rata-rata 83 dari siswa dengan gambaran peringkat sangat baik dan skor rata-rata 85 dari guru pengajar dengan gambaran peringkat sangat baik.
Rincian Artikel
Referensi
Brooke, J. (2013). IUPS--a retrospective. SUS : A Restrospective.
Dwiputri, R., Rohmatudin, J., & Rohaeti, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Mhammadiyah Kunningan, 7(2), 79–89. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/1431
Hanum, Z. (2021). Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Media Indonesia.Com.
Khusnah, N., Sulasteri, S., Suharti, S., & Nur, F. (2020). Pengembangan media pembelajaran jimat menggunakan articulate storyline. Jurnal Analisa, 6(2), 197–208. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9603
Maulani, F. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi Geometri. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 16–25. https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3189
Mayer, R. (2009). Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Munir. (2012). Multimedia: Konsep&Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.
OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Riyadi, S., & Pardjono, P. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 165–177. https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2527
Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2021). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Rajawali Pers.
Santyasa, I. W., Juniantari, M., & Santyadiputra, G. S. (2020). Efektivitas Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Guru-Guru Di SMA N 2 Singaraja. Proceeding Senadimas Undiksha, 4, 1784–1790. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=4688232497647530968&btnI=1&hl=en
Sivasailam, T., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. PT Pustaka Insan Madani.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. UNY Press.
Syahbana, A. l i. (2016). Belajar Menguasai GeoGebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). NoerFikri Offset.
Vaughan, T. (2011). Multimedia: Making It Work. McGraw-Hill Companies.
Widyaningrum, Y. T., & Murwanintyas, C. E. (2013). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Terhadap Grafik Fungsi Kuadrat Di Kelas X (Issue November 2012). https://eprints.uny.ac.id/10115/
Yuniastuti, Miftakhuddin, & Khoiron, M. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial. Scopindo Media Pustaka.