PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP PEMAHAMAN KOSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MARGA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only control group. Populasi penelitan ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Marga tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 222 siswa dan tersebar ke dalam 7 kelas. Sampel dipilih dengan teknik random sampling. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh melalui tes uraian. Analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji t diperoleh nilai thitung = 2,145 dan ttabel = 1,9989 sehingga thitung > ttabel. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check berpengaruh positif terhadapĀ pemahaman konsep matematika siswa.
Rincian Artikel
Referensi
Candiasa, I M. 2010a. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEP. Singaraja: Unit Penerbitan Undiksha Pendidikan Ganesha.
Candiasa, I M. 2010b. Statistika Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Undiksha Pendidikan Ganesha
Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Bali. 2018. Rekap Hasil Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah. https://pendidikan.denpasar.go.id/hasil-un.
Edy Setiyo Utomo. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi (tidak diterbitkat). Jurusan Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Jombang
Emza. 2008. Metode Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hamzah, B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Irawati, Nanik. 2009. Pegaruh Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Pair Checks terhadap Prestasi Belajar (Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta). Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Isjoni. 2012. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Kagen, Spencer. 1989. Cooperative Learning Resources for Teachters, Association for Supervisiot and Curriculum Development.
Ratumanan. 2002. Model pembelajaran menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.