PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAWAN

Isi Artikel Utama

P.L. Puspitayanti
I.G.N. Pujawan
I.G.N.Y. Hartawan

Abstrak

Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe  Learning Together berbantuan Peta Konsep lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawan tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep matematika yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tes uraian. Dari data post-test diperoleh rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together  berbantuan Peta Konsep adalah 41,65 dan rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional adalah 35,46. Dari hasil analisis data menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa sehingga  ditolak yang berarti pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together berbantuan Peta Konsep lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together berbantuan Peta Konsep memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep masalah matematika siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Antini, N K J. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran SQ4R (Survey Question Read, Reflect, Recite, and Review) berbantuan Peta Konsep terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA N 2 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha.
Ardinata, I D G P. 2016. Studi Kuantitatif dan Kualitatif tentang Pengaruh Model Pembelajaran SAVI berbantuan Video Pembelajaran berbasis Camtasia Studio terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha.
Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi Cetakan Ketiga). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Candiasa, I M. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertasi Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Candiasa, I M. 2010a. Statistik Univariat dan Bivariat Disertasi Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Candiasa, I M. 2010b. Statistik Multivariat Disertasi Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Daryanto dan Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Gava Media. Yogyakarta.
Dewi N P A L. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe LT (Learning Together) pada Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI MIPA2 SMA Negeri 3 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Univeritas Pendidikan Ganesha.
Dewi, N P A N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII B6 SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2015/206 melalui Penerapan Strategi PQ4R. skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha.
NCTM. 2000. Mathematics Assesment a Practical Handbook for Grades 6-8. United States of America: NCTM.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: NCTM.
Muliantari, I W. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together berbantuan Kartu Soal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tampaksiring. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.
OECD. 2016. Programme for International Student Assesment (PISA) Result from PISA Indonesia 2015. Tersedia pada www.oecd.org/pisa
Sadiman dkk. 2009. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Saputra, P R A. 2016. Studi Kuantitatif dan Kualitatif tentang Pengaruh Model Pembelajaran POGIL berbantuan Latihan Tes Online terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha.
Setyosari, P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenada Media Group. Jakarta.
Suardi I M Y. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have berbantuan Media Animasi Powtoon terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMKN 1 Singaraja Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudaryono, Margono, G., Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Sugiyono. 2015. Statistik Nonparametris. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi.2012. Metode Penelitian Pendidikan.PT Bumi Aksara. Jakarta.
Suryabrata, S. 2006. Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Suryana, I K. 2018. Pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 7-E berbantuan LKS terstruktur terhadap pemahaman konsep matematika kelas VII SMP Negeri 3 Sawan tahunajaran 2018/2019. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha.
TIMS, 2015. Highlight from TIMS 2014. HSRC.