PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA KELAS XI MIPA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tejakula yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran treffinger dengan pendekatan open-ended lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian post test only control group design. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tejakula pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data tentang hasil belajar matematika siswa diperoleh melalui tes hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata skor tes hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen adalah 71,72 dan pada kelas kontrol adalah 61,25. Selanjutnya skor tes hasil belajar matematika siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t satu ekor (ekor kanan) pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung=3.275939663 sedangkan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel=1.998971498, sehingga H0 ditolak. Nilai statistik ini memiliki makna bahwa hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran treffinger dengan pendekatan open-ended lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran treffinger dengan pendekatan open-ended berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa.
Rincian Artikel
Referensi
BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Candiasa, I M. 2010a. Pengujian Instrumen Penelitian disertai aplikasi TEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja. Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Faridah, N. 2016. Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah: Vol.1, No. 1.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhaiminu, W.H. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Semarang.
Parasmini, M.R. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Konsep Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tejakula Tahun Pelajaran 2012/2013 Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha.
Rosiyanti, H. dan Wijayanti, E. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Volume 1, No. 2. Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Sudjana, N. 1998. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabet.