Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Pendidikan Kewarganegaraan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah mata kuliah yang diajarkan di semua jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan, dukungan dan disinsentif nilai-nilai demokrasi, serta solusi untuk menutupi hambatan penerapan nilai-nilai demokrasi melalui pendidikan kewarganegaraan. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis lebih dalam kaitannya dengan implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran Pancasila dan PKn serta untuk mengetahui bentuk nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran Pancasila dan PKn. Penelitian kualitatif dimana teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan perekaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai demokrasi dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai demokrasi ke dalam silabus dan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), yang meliputi toleransi, kerjasama, kebebasan berpendapat, saling menghargai dan menghargai diri sendiri. kepercayaan diri. Dua faktor pendukung adalah fasilitas belajar, budaya sekolah, dan kepemimpinan sekolah, sedangkan disinsentifnya adalah berkurangnya dukungan orang tua, lingkungan masyarakat, dan perbedaan karakteristik pribadi. Solusi ketiga adalah menyadarkan orang tua untuk lebih memperhatikan anaknya, melibatkan diri dalam masyarakat, dan menjalin komunikasi yang baik dengan siswa lain.