Implementasi Nilai Kemanusiaan Pada Siswa di SD Muhammadiyah 12 Medan

Main Article Content

Dea Anggriani Arda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai pancasila sila ke 2 pada siswa SD Muhammadiyah 12 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai pengumpulan datanya. Hasil penelitian dari SD Muhammadiyah 12 Medan yaitu 1). Dalam implementasi nilai–nilai pancasila  berlangsung dengan kerja sama antar guru dan peserta didik. Dengan adanya peran guru sebagai pengajar dan pembimbing dapat memudahkan para peserta didik dalam menerapkan nilai sila ke 2.2). Dalam pengimplementasian sila ke 2 guru mengajarkan kepada peserta didik untuk tidak membeda-bedakan sesama teman baik dalam agama, suku dan ras, tidak boleh saling mengejek, dan saling membantu jika temannya mengalami kesulitan terutama dalam hal pembelajaran. 3). pendidik juga mengajarkan agar peserta didik dapat menjaga kerukunan yaitu dengan cara mengajarkan mereka saling berbagi, tidak membedakan suku.

Article Details

How to Cite
Arda, D. A. (2024). Implementasi Nilai Kemanusiaan Pada Siswa di SD Muhammadiyah 12 Medan. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 59-63. https://doi.org/10.23887/jmpppkn.v6i2.5074
Section
Articles