PEMBERDAYAAN SISWA SEBAGAI KADER PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MEDIA SATUA AUDIOVISUAL

Main Article Content

Sukadi Sukadi
Putu Windu Mertha Sujana

Abstract




Kegiatan PkM ini dilatarbelakangi oleh masalah banyaknya perilaku menyimpang yang dilakukan para siswa SMP TP 45 Sukasada di Desa Wanagiri yang jauh dari nilai- nilai karakter bangsa Indonesia berdasar Pancasila. Berdasarkan permintaan kepala sekolah untuk tim melaksanakan kegiatan PkM, maka disepakati bahwa kegiatan PkM ini adalah kegiatan pemberdayaan siswa kelas IX SMP TP45 Sukasada sebagai kader Pendidikan Karakter melalui media satua audio-visual. Tujuan kegiatan PkM ini adalah menjadikan beberapa orang siswa model sebagai kader pendidikan karakter melalui mesatua dan melakukan pembelajaran nilai- nilai karakter yang diaudio-visualkan (divideokan) serta meningkatkan kemampuan penalaran nilai dan orientasi nilai para siswa berbasis nilai-nilai Tri Hita Karana atau Pancasila. Untuk mencapai tujuan ini kegiatan PkM ini dilakukan dengan tiga metode, yaitu: pemberian diklat dengan strategi modeling, tanya jawab dan diskusi, dan pelatihan pembuatan video mesatua; pemberian pendampingan dan fasilitasi unjuk kerja (showcase); serta kegiatan evaluasi dan refleksi pengalaman belajar. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pengabdian masyarakat di SMP TP 45 Sukasada, diketahui bahwa 81 % menyatakan bahwa media satua bali berbasis digital sangat cocok untuk digunakan dalam menanamkan pendidikan karakter kepada siswa. Terkait keberlanjutan program pengabdian masyarakat pendidikan karakter ini, para guru dan siswa menyatakan sangat setuju untuk dilaksanakan kembali (85,7%).




Article Details

How to Cite
Sukadi, S., & Windu Mertha Sujana, P. (2020). PEMBERDAYAAN SISWA SEBAGAI KADER PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MEDIA SATUA AUDIOVISUAL. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Media Ganesha FHIS, 1(1), 32-42. Retrieved from https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/p2mfhis/article/view/306
Section
Articles

References

Ardani, P.P. 2012. Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 1, Edisi 1. Universitas Negeri Gorontalo.
Depdiknas. 2003. Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Dokumentasi Depdiknas.
Istiqomah, N, dkk. 2014. Sikap Hidup Orang Jawa dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya AhmadTohari. Jurnal Sastra Indonesia. Volume 3 nomor 1. ISSN: 2252-6315.Universitas Negeri Semarang.
Mustika, I.K. 2017. Pemanfaatan Teks Bacaan Satua Bali dalam Menumbuhkan Budaya Literasi dan Pembentukan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. Purwadita. Volume 1 Nomor 1.ISSN 2549-7928
Sudiani, N.N. 2015. Pendidikan Karakter Melalui Gending Rare Studi Etnografi pada AnakUsia Dini di Desa Adat Tenganan Pegringsingan, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali (2013). Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 9 Edisi 1. Universitas Negeri Jakarta.
Sujana,I.P.W.M, dkk. 2020. Representasi Pendidikan Kewarganegaraan pada Jenjang Pendidikan Tinggi Dilihat dari Perspektif Generasi Millenial. Jurnal
Inspirasi Pendidikan Vol. 10 No. 2. DOI: http://dx.doi.org/ 10.21831 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Nasional
Jangka Panjang 2005-2025