EVALUASI PENGGUNAAN INLISLITE 3.1 PADA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA BERBASIS USER EXPERIENCE DENGAN MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

  • I Made Pendra Mahardika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Rai Yuli Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Kadek Etik Suparmini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Made Sutrisna Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: Evaluation, INLISLite, user experience, library information system, User Experience Questionnaire

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil evaluasi penggunaan INLISLlite 3.1 pada sistem informasi Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha berbasis User Experience (UX) dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Metode yang digunakan untuk penilaian produk ini dengan UEQ. Objek dari penelitian ini adalah INLISLite 3.1 pada sistem informasi perpustakaan Undiksha. Subjek pada penelitian ini yaitu pengguna perpustakaan yang pernah menggunakan INLISLite 3.1 (mahasiswa, dosen dan pustakawan). Populasi meliputi seluruh anggota perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha berjumlah 18.442 orang, sampel penelitian yang digunakan adalah 100 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner UEQ. Metode evaluasi UEQ ini menggunakan Data Analysis Tools : konversi data, hasil utama dan set data benchmark. Evaluasi penggunaan inlislite 3.1 pada sistem informasi Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha memiliki hasil evaluasi yang positif karena dari enam skala penilaian, evaluasi ini menghasilkan 5 skala penilaian yang positif. Hasil perbandingan benchmark dengan data 21.175 orang dari 468 studi yang dimiliki oleh UEQ, berdasarkan skala penilaian daya tarik, efisiensi dan ketepatan penggunaan INLISLite 3.1 pada sistem informasi perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) berada pada excellent dalam kisaran 10% hasil terbaik. Berdasarkan skala penilaian kejelasan, stimulasi dan kebaruan berada pada good artinya di bawah 10% dari produk lainnya yang memiliki penilaian yang lebih baik dan diatas 75% dari produk yang memiliki penilaian yang lebih tidak baik. Kelebihan dari program ini berdasarkan hasil evaluasi tersebut adalah Perspicuity, Efficiency, Stimulation, Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, serta Novelty. Kekurangannya yaitu pada Dependability bahwa interaksi pengguna dan produk dapat dikendalikan oleh pengguna tersebut masih dalam kategori normal sehingga perlu ditingkatkan melalui nilai secure atau keamanan dari program tersebut serta meningkatkan nilai expectation pengguna terhadap program inlislite 3.1 baik dari modul-modul yang perlu dikembangkan lagi serta ketahanan program tersebut dapat digunakan melalui browser-browser yang ada dengan lancar dan tidak mengalami masalah.

The purpose of this study was to find out the results of evaluating the use of INLISLlite 3.1 on the User Experience (UX)-based information system of the Ganesha Education University Library using the User Experience Questionnaire (UEQ) and find out the advantages and disadvantages of the product. The method used for grading this product is by UEQ. The object of this research is INLISLite 3.1 on the Undiksha library information system. The subjects in this study were library users who had used INLISLite 3.1 (students, lecturers and librarians). The population includes all members of the Ganesha University of Education library totaling 18,442 people, the research sample used is 100 people. The data collection method in this study used the UEQ questionnaire. This UEQ evaluation method uses Data Analysis Tools: data conversion, main results and benchmark data sets. The purpose of this study was to find out the results of evaluating the use of INLISLlite 3.1 on the User Experience (UX)-based information system of the Ganesha Education University Library using the User Experience Questionnaire (UEQ) and find out the advantages and disadvantages of the product. The method used for grading this product is by UEQ. The object of this research is INLISLite 3.1 on the Undiksha library information system. The subjects in this study were library users who had used INLISLite 3.1 (students, lecturers and librarians). The population includes all members of the Ganesha University of Education library totaling 18,442 people, the research sample used is 100 people. The data collection method in this study used the UEQ questionnaire. This UEQ evaluation method uses Data Analysis Tools: data conversion, main results and benchmark data sets.

References

DHARMAWAN, A., & SITORUS, A. F. (2019). Studio Komperatif User Experience Desain
Antar Muka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Elemen Desain. Jurnal Sistem
Informasi, 1(2), 15–24.
HINDERKS, A., SCHREPP, M., DOMINGUEZ MAYO, F. J., ESCALONA, M. J., &
THOMASCHEWSKI, J. (2019). Developing a UX KPI based on The User Experience
Questionnaire. Computer Standards and Interfaces, 65(January), 38–44.
https://doi.org/10.1016/j.csi.2019.01.007
DHARMAWAN, A., & SITORUS, A. F. (2019). Studio Komperatif User Experience Desain
Antar Muka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Elemen Desain. Jurnal Sistem
Informasi, 1(2), 15–24.
HINDERKS, A., SCHREPP, M., DOMINGUEZ MAYO, F. J., ESCALONA, M. J., &
THOMASCHEWSKI, J. (2019). Developing a UX KPI based on The User Experience
Questionnaire. Computer Standards and Interfaces, 65(January), 38–44.
https://doi.org/10.1016/j.csi.2019.01.007
DHARMAWAN, A., & SITORUS, A. F. (2019). Studio Komperatif User Experience Desain
Antar Muka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Elemen Desain. Jurnal Sistem
Informasi, 1(2), 15–24.
HINDERKS, A., SCHREPP, M., DOMINGUEZ MAYO, F. J., ESCALONA, M. J., &
THOMASCHEWSKI, J. (2019). Developing a UX KPI based on The User Experience
Questionnaire. Computer Standards and Interfaces, 65(January), 38–44.
https://doi.org/10.1016/j.csi.2019.01.007
Published
2023-06-21