PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE BERBANTUAN MEDIA GRAFIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media Grafis Digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Cahaya dan Sifatnya di SD Negeri 106163 Bandar Klippa tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk quasi experimental design.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 106163 Bandar Klippa, yang memiliki 2 kelas yaitu kelas V-A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media Grafis Digital dan Kelas V-B yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan model pembelajaran Heuristik Vee tanpa berbantuan media Grafis Digital. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, tes esai, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media Grafis Digital lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Heuristik Vee tanpa berbantuan media Grafis Digital. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu < 0,001 dan 0,002 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media Grafis Digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Cahaya dan Sifatnya kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2024/2025.
Article Details
References
Apriana, D., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2023). Pengaruh Model Heuristik Vee Berorientasi Etnografi Terhadap Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(2), 234-241. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/viewFile/42538/21952
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Puriani, N. N. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Heuristik Vee Berbantuan Kartu Diagnosis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas III SD Negeri 1 Nawa Kerti Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Inovasi, 6(3), 115-122.
Ruswan, A., Rosmana, P. S., Oktafrina, A., Rahmawati, A., Apriliani, D., Nurfaoziah, K, . . . Zahra, V. N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dengan Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31676-31684. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12175
Sari, L. M., Purba, R. F., Umayroh, R., Munawaroh, S., & Akmalia, R. (2022). Penerapan Pendekatan Heuristik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah. AoEJ:Academy of Education Journal, 13(2), 199-209. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i2.1234
Slavin, R. E. (2005). Educational Psychology: Theory and Practice (8th ed.). Boston: Pearson Education.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabet