PENGEMBANGAN MEDIA UTALA (ULAR TANGGA PANCASILA) BERMUATAN KEARIFAN LOKAL JEGOG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran UTALA (Ular Tangga Pancasila) bermuatan kearifan lokal Jegog untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pendidikan Pancasila siswa kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan tes prestasi belajar. Data validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran,dan ahli materi pembelajaran Pendidikan Pancasila SD. Data kepraktisan media bersumber dari 5 praktisi pembelajaran di sekolah dasar, dan siswa kelas IV SD. Pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest-posttest yang melibatkan 28 orang siswa kelas IV. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media UTALA (Ular Tangga Pancasila) bermuatan kearifan lokal Jegog untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD dinyatakan bahwa (1) media UTALA (Ular Tangga Pancasila) bermuatan kearifan lokal Jegog valid ditinjau dari aspek media pembelajaran, dan materi pembelajaran Pendidikan Pancasila SD; (2) media UTALA (Ular Tangga Pancasila) bermuatan kearifan lokal Jegog praktis ditinjau dari perspektif praktisi (guru) dan peserta didik; (3) media UTALA (Ular Tangga Pancasila) bermuatan kearifan lokal Jegog efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa UTALA (Ular Tangga Pancasila) bermuatan kearifan lokal Jegog untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pendidikan Pancasila siswa kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
Article Details
References
Azaly, Q. R., & Fitrihidajati, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Office Sway padaMateri Perubahan Lingkungan untuk Melatih Kemampuan LiterasiSains Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendiidkan Biologi, 11 (1), 218-227. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p218-227
Eriani, E. D., Susanti, R., & Meilinda, M. P. (2023). Hubungan Penerapan Bhinneka Tunggal Ika dan Nilai-Nilai Pancasila dengan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 25-37. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.131
Fani, J. Q. A. Pengembangan Media Pembelajaran Power Point dan Video pada Konsep Sistem Pertahanan Tubuh (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Farhan, M., Apriyanto, M. T., & Hakim, A. R. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi uma lengge untuk pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 98-106. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1965
Hutabri, E. (2022, January). Validitas media pembelajaran multimedia pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 4, 296-300. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/5363
Nurwiatin, N. (2022). Pengaruh pengembangan kurikulum merdeka belajar dan kesiapan kepala sekolah terhadap penyesuaian pembelajaran di sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 472-487. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.537
Nabilla, T. N. (2022). Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar Draft Skripsi (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Siregar, D. S., & Ananda, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Matematika Ular Tangga untuk Siswa Tunarungu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1924-1935. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2340
Walidiati, M., Tahir, M., & Rahmatih, A. N. (2023). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPA. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 321-330. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5868
Winarsieh, I., & Rizqiyah, I. P. (2020). Peranan guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 159-164. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/212
Zaneta, V. I. (2022). Media Game Online Ular Tangga Perkalian Bilangan Asli Dengan Pendekatan RME Kelas III SD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 177-186. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1095