PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS BERBASIS PENDEKATAN ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) berbantuan etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia di SD Negeri 060858 Medan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk quasi experimental design. Desain quasi eksperimen yang diterapkan yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 060858 Medan, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran ARCS berbasis pendekatan etnosains dan kelas V B yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi guru dan siswa, tes essay dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji statistik berupa uji Independent Sample T-Test dengan menggunakan SPSS 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran ARCS berbantuan etnosains lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model konvensional. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran ARCS berbasis pendekatan etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia kelas V SD Negeri 060858 Medan T.A 2024/2025.
Article Details
References
Anis Aprianti, & Siti Tiara Maulia. (2023). Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(1), 181–190. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i1.1507
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Dhoka, F. A., Longa, V. M., Mude, A., & Lawe, Y. U. (2024). Pembelajaran IPAS Berbasis Etnosains untuk Pemahaman Konsep Sains Bagi Siswa Kelas IV UPTD SDI Waruwaja. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.835
Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sma Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumpara Fisika, 3(1), 25–32. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika/article/view/9446
Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, N., & Nasution, A. F. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Dalam Pendidikan. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 691–695. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i5.222
Mardiyah, rifa hanifa, Aldriani, sekar nurul fajriah, Febyana, C., & Zulfikar, M. rizal. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. http://dx.doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Mukti, H., Suastra, I. W., & Aryana, I. B. P. (2022). Integrasi Etnosains dalam pembelajaran IPA. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 356–362. http://dx.doi.org/10.29210/022525jpgi0005
Nur, A., & Kurniawan, M. I. (2022). Literature Study: Cooperative Learning Model Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) According to John M. Keller. Academia Open, 6, 1–9. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1512
OECD. (2024). PISA 2022 Technical Report. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/01820d6d-en
Oktaviana, P., Pranoto, R. A., & Sholihah, K. (2024). Upaya Dalam Menerapkan Pembelajaran Etnosains di Sekolah Dasar: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah PGMI STAI Al-Amin Gersik, 3(1), 117–130. https://ejournal.staialamin.ac.id/index.php/pgmi/article/download/130/115/1050
Prasetianti, F., Muttaqin, M., & Listiawati, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Arcs Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswapada Materi Sistem Ekskresi. Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2022, 58.
Putri, I. N., Ahied, M., & Rosidi, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap self esteem siswa. Natural Science Education Research (NSER), 2(1), 1–7. https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4216
Ridwan, S. L. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 637–656. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.201
Septiani, T., Wuryastuti, S., & Suratno, T. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA Materi dan Sifatnya Siswa Kelas V SDN Kebon Dalem. Didaktika, 1(4), 695–704. https://doi.org/10.17509/didaktika.v1i4.38138
Siregar, L. H., & Sukma, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Tipe ARCS Pada Pembelajaran Tematik di kelas V SDN 02 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Journal of Basic Education Studies, 6(2). https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/8221
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.)). Alfabeta.
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi kemampuan berpikir kritis (kajian tentang manfaat dari kemampuan berpikir kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320–325. https://www.jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR/article/view/682
Tampubolon, A., Sitorus, H. A., Nasution, M. S., Saragih, M. P., Sianturi, W. S., & Siregar, W. M. (2024). Problematika Pergantian Kurikulum Mengakibatkan Guru Kesulitan Menyesuaikan Konsep Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.545