PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME BASED LEARNING BAAMBOOZLE PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS serta belum diterapkannya media pembelajaran berbasis teknologi di kelas V-B SDN Tembok Dukuh IV Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis game-based learning baamboozle, mengetahui kevalidan dan keefektifan media tersebut bagi siswa kelas V-B SDN Tembok Dukuh IV Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research & Development) dengan model ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, agket, tes, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan yakni analisis kelayakan dan analisis hasil belajar. Validasi oleh ahli media menunjukkan hasil sebesar 98%, validasi oleh ahli materi sebesar 94% sementara hasil angket respon siswa mencapai 89,75%. Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan sebesar 44,3% pada pemahaman berdasarkan analisis data pre-test dan post test, yang dibuktikan melalui analisis hasil belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game-based learning baamboozle sangat layak untuk digunakan.
Article Details
References
Chumaidi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Baamboozle pada Mata Pelajaran Fikih Materi Riba, Bank, dan Asuransi di Kelas X MAN 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 45–58.
Hasanah, B. A., Firmansyah, A., & Firmansyah, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Belajar Sejarah Peserta Didik. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(5), 1913–1924. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5294
Hwang, G. J., & Chang, C. Y. (2021). Learning technologies and self-directed learning: Empowering students for improved outcomes. Educational Technology & Society.
Islam, K. R., Komalasari, K., Masyitoh, I. S., Juwita, J., & Adnin, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 10(3), 619–628. https://doi.org/https://doi.org/10.32884/ideas.v10i3.1640
Juhaeni, J., Pratiwi, N. O. D., Luthfiyah, R., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Melalui Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SD/MI. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.107
Makarim, N. (2023). Transformasi Teknologi Digital dalam Meningkatkan Sistem Pendidikan di Indonesia.
Mardianto, A., & Wahyudi, S. (2023). Analisis Penilaian Hasil Belajar: Teknik Perhitungan dan Interpretasi Skor. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 45–58.
Mesra, R., Salem, V. E. T., Polii, M. G. M., Santie, Y. D. A., Wisudariani, N. M. R., Sarwandi, Sari, R. P., Yulianti, R., Nasar, A., D, Y. Y., & Santiari, N. P. L. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan. In OSF Preprints (Cetakan Pe). PT. Mifandi Mandiri Digital. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/d6wck
Muna, K. N., & Wardhana, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Model ADDIE pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Perkenalan Diri dan Keluarga untuk Kelas 1 SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 175–183. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p175-183
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran di Jenjang SD. CV Jejak (Jejak Publisher). https://doi.org/https://books.google.co.id/books?id=XPQ4EAAAQBAJ
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Oktaviasari, H., Pratiwi, D. E., & Hastungkoro, H. N. A. (2024). Penerapan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Konsep Penjumlahan Matematika Pada Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Journal of Science and Education Research, 3(2), 30–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.62759/jser.v3i2.128
Pamungkas, Z. S., Randriwibowo, A., Wulansari, L. N. A., Melina, N. G., & Purwasih, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Baamboozle Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education, 2(2), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v3i1.4316
Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616
Tanenji, T., & Munawaroh, U. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Kalimat Thayyibah Istigfar Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VI. Teacher Education Journal (TEJ), 2(1). https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/tej/article/view/39015
Wijaya, A. K., & Sulistyowati, R. (2023). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 5(2), 112–125.