PENGARUH ICE BREAKING DAN MEDIA GAMBAR DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA
Main Article Content
Abstract
Proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran IPA adalah kurangnya inovasi dalam pemilihan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ice breaking dan media gambar digital terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan quasi eksperimen pretest-posttest. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes. Pengujian hipotesis terlihat nilai Sig yang dihasilkan sebesar 0,000 kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ice breaking dan media gambar digital memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan ice breaking dan media gambar digital ternyata berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD.
Article Details
References
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Rineka Cipta.
Ary, D., Jacobs, L.C., Razavieh, A. (1985). Introduction to Research in Education. Holt Rinehart.
Baset, G.W., Jack, B., & Logan, L. (1983). The Modern Primary School in Australia. George Allen and Unwin.
Budiasa, P., & Ketut Gading, I. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Gambar Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 253–263. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26526
Dewey. (2020). Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan (Dalam Perspektif Kajian Filosofis). Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–21. https://doi.org/10.18592/jtipai.v10i1.3770
Elfin. (2010). Menggambar Ilustrasi Secara Manual dan Digital. Rineka Cipta.
Falah, B. N., & Fatimah, S. (2019). Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Euclid, 6(1), 25. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1226
Huda, F. A. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Problem Based Instruction (PBI) Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN Tukangan. Basic Education, 70, 0–8. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5379%0Ahttps://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/download/5379/5086
Jafar, M. I., Mujahidah, M., & Tamrin, R. (2022). Hubungan Pemberian Ice Breaking dengan Minat Belajar pada Siswa Kelas Tinggi. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(4), 327. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i4.35364
Jasmalinda. (2021). Pengaruh Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Koperindag Mentawai. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2157–2165. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/416
Joko, W. &. (2010). SPSS For Windows untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. BP-FKIP UMS.
Khoerunisa, T., & Amirudin, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 84. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.47
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Marlina, I., Soepudin, U., & Ayu Ratna Gumilar, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 187–204. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.152
Muharrir Syahruddin, M., Herdah, & Effendy, R. (2022). Penggunaan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 179–186. https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i2.3318
Nana. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Oktiana, R. P., & Sari, F. P. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar di Desa Bener Kecamatan Majenang. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 279. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.55212
Pujayanti, P., Murda, I. N., & ... (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus Viii Munduk. Mimbar Pgsd …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1341%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/1341/1202
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu : Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Ghalia Indonesia.
Salim Nahdi, D., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sundari, R., Putra, M. J., & Dedy, A. (2022). Pengaruh pemberian ice breaking terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 2 Lais. JUrnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1651–1660. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5486
Syam, N., & Syamsunardi, S. (2021). Pengaruh Ice Breaking Berbasis Media Poster terhadap Minat Belajar pada Siswa Kelas III SDN 187 Inpres Dengilau Kabupaten Takalar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 890–897. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/2804
Syaodih. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Umaningsih, L. A., Numertayasa, I. W., Guru, P., Dasar, S., & Inggris, P. B. (2024). Analisis Implementasi Ice Breaking Dalam Pembelajaran Matematika. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 133–143. http://dx.doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v8i1.3048
Winitaputra, Udin, S. (1992). Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Terbuka.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142