https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/issue/feed Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia 2024-10-24T13:58:29+08:00 Luh Astiti ejournalpascasarjana@gmail.com Open Journal Systems <p align="justify"><strong>Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia&nbsp;</strong>is an interdisciplinary publication of original research and writing on education which publishes papers to international audiences of educational researchers. The JERE aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education and plays an important role in promoting the process that accumulated knowledge, values, and skills are transmitted from one generation to another; and to make methods and contents of evaluation and research in education available to teachers, administrators and research workers. The journal encompasses a variety of topics, including child development, curriculum, reading comprehension, philosophies of education and educational approaches, etc. p-ISSN :<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1512956197">&nbsp;2613-957x</a> (Print) e-ISSN :&nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1567536772">2686-1933</a> (Online).</p> <p align="justify"><strong>Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia</strong> &nbsp;has become a member of CrossRef with a DOI: 10.23887/jpepi so that all articles published by the Indonesian Journal of Educational Research and Evaluation will have a unique DOI number. Indonesian Journal of Educational Research and Evaluation was first published in 2011 and regularly published twice a year in March and August since 2018 until now. Indonesian Journal of Educational Research and Evaluation is accredited by the Ministry of Research, Technology / National Research and Innovation Agency (RISTEKBRIN), Republic of Indonesia, which is ranked Class Four (Rank 4, Sinta 4) from Volume 12, Number 1, 2022 until Volume16, Number 2, 2026 based on Decree No. 225/E/KPT/2019 regarding the Accreditation Ranking of Scientific Journals Period VI 2022, December 7, 2022.</p> <p align="justify"><strong>Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia</strong>&nbsp;&nbsp; from&nbsp;<strong>2021&nbsp;</strong>published an article from the issue of Vol 11 No 1 on OJS 3, this was due to a system error in OJS 2, Cut-Off System. To view the publications of Indonesian Journal of Education and Learning from&nbsp;<strong>2011-2020 &gt;&gt;<a href="https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/issue/archive">&nbsp;Click Here</a></strong></p> https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/3937 HUBUNGAN MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA 2024-09-29T11:48:12+08:00 L. Handayani lilislia9801@gmail.com M.M. Munir lilislia013@gmail.com <p>Minat membaca pada anak harus dibentuk sejak dini baik di rumah maupun di sekolah, Melalui membaca, peserta didik bisa meningkatkan hasil belajar dan prestasi sekolah. Menurunnya minat baca pada anak ditunjukkan dengan kurangnya kunjungan peserta didik ke Perpustakaan. Tujuan penelitian mengetahui hubungan minat membaca terhadap hasil belajar afektif peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 2 Kuanyar Jepara. Jenis penelitian adalah kuantitatif, desain penelitian <em>crossectional. </em>Populasi semua peserta didik kelas III SDN 2 Kuanyar Jepara. Teknik pengambilan sampel teknik <em>Purposif sampling</em> sebanyak 15 responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner tentang minat baca dan hasil belajar afektif. Analisis data menggunakan <em>Spearman Rank</em>. Hasil penelitian ada hubungan minat membaca terhadap hasil belajar afektif peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 2 Kuanyar Jepara (0, 010 &lt; 0,05). Kesimpulan hasil belajar afektif berhubungan dengan minat membaca peserta didik kelas III pada pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil ini dapat memberikan masukan pada guru untuk meningkatkan minat baca peserta didik dengan memberikan tugas membaca baik di rumah maupun di sekolah.</p> 2024-08-26T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/3976 HUBUNGAN MAGANG DENGAN PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN : EVALUASI MODEL FORMATIF SUMATIF 2024-09-29T11:43:49+08:00 T. Cendani tineziac@gmail.com Rusijono rusijono@unesa.ac.id F. Arianto fajararianto@unesa.ac.id C.F. Kholidya citrakholidya@unesa.ac.id <p>Penelitian dilakukan untuk mengevaluasi ketercapaian tujuan program magang di sekolah menengah kejuruan serta dampaknya terhadap peningkatan kompetensi keahlian siswa sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Evaluasi dilakukan menggunakan model formatif sumatif. Subjek penelitian meliputi ketua program magang di sekolah, guru pembimbing, instruktur magang, dan siswa yang telah mengikuti program magang. Variabel yang dievaluasi adalah keterlaksanaan program magang dan kompetensi siswa. Pengumpulan data keterlaksanaan program magang menggunakan teknik wawancara dan angket. Wawancara ditujukan pada ketua program magang sekolah. Angket diberikan pada guru pembimbing, instruktur magang, dan siswa. Data kompetensi siswa dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji Wilcoxon. Hasil analisis deskriptif didasarkan pada hasil wawancara dengan ketua program magang sekolah yang menunjukkan bahwa perencanaan program magang telah dilakukan sesuai buku pedoman pelaksanaan magang. Hasil keterlaksanaan magang dari aspek keterlibatan guru pembimbing adalah 93.4% dan instruktur magang 95.39%&nbsp; dan dari aspek siswa sebesar 92.5%, jika diinterpretasikan masuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik. Data wawancara dan angket menunjukkan bahwa program magang di sekolah menengah kejuruan terlaksana dengan sangat baik. Hasil analisis uji Wilcoxon didapatkan hasil nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0.001. Nilai Asymp.Sig. (2-tailed) tersebut nilainya lebih kecil dari &lt; 0,05 yang artinya terdapat pengaruh antara program magang dengan kompetensi siswa. Disimpulkan bahwa kegiatan magang mampu meningkatkan kompetensi siswa di sekolah menengah kejuruan.</p> 2024-08-26T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/3979 EFEKTIVITAS CASE BASED LEARNING BERBANTU TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI INFLASI 2024-09-29T11:46:28+08:00 H. Iswanto bangheryes@students.unnes.ac.id M.F. Rahman fathur@mail.unnes.ac.id L.K. Pitaloka lolakp@mail.unnes.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran <em>case based learning</em> berbantuan tiktok dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi inflasi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan <em>nonequivalent control group design</em>. Populasi yang digunakan adalah kelas XI SMA Teuku Umar Semarang yang berjumlah 165 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan <em>purposive sampling</em> sehingga kelas XI 2 menjadi kelas eksperimen dan XI 3 menjadi kelas kontrol. Pengumpulan data terdiri dari dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis melalui uji <em>paired sample t-test</em> dan uji n-<em>gain score</em>. Berdasarkan hasil penelitian uji <em>paired sample t-test</em> sig. (2-<em>tailed</em>) yaitu 0,000 jika nilai sig. (2-<em>tailed</em>) &lt; 0,05 maka H0 ditolak sedangkan Ha diterima artinya terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji n-<em>gain score</em> pada kelas eksperimen sebesar 0,5733 termasuk kategori efektivitas sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran ekonomi dengan menggunakan <em>case based learning</em> berbantuan TikTok termasuk kategori efektivitas sedang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.</p> 2024-08-26T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/3961 ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN 2024-09-29T11:50:19+08:00 M.S.W. Putra 191330000520@unisnu.ac.id D.A. Wiranti wiranti@unisnu.ac.id <p>Peran kepala sekolah tentu mempunyai pengaruh yang siginifikan dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di sekolah. Mutu pendidikan merupakan keefektivan sistem pendidikan dalam menyediakan pengetahuan, keterampilan dan nilai kepada para siswa-siswi dengan mencakup metode pengajaran serta fasilitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta upaya yang dilakukan kepala sekolah SDN 08 Suwawal dalam meningkatkan mutu pendidikan. Peran yang telah dilaksanakan kepala sekolah antara lain: 1. Meningkatkan kompetensi guru melalui <em>In House Training</em> (IHT) 2. Pengadaan sarana dan prasarana sekolah, 3. Meningkatkan prestasi siswa-siswi 4. Melakukan evaluasi dan supervisi untuk guru dan siswa, 5. Membangun hubungan dengan komite, orangtua serta masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan triangulasi sumber untuk menguji kredibilitas suatu data.&nbsp; Dalam hal ini kepala sekolah sebagai individu yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan operasional sekolah tentu sangat diperlukan dalam dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 08 Suwawal sebagai sekolah yang unggul dan bersaing di berbagai bidang.</p> 2024-08-27T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/4026 METODE PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS ANAK 2024-10-24T13:58:29+08:00 F.N. Pegia Pegiafebi02@gmail.com I.G.P. Suharta putu.suharta@undiksha.ac.id I.K. Supir ketut.supir@undiksha.ac.id <p class="TableParagraph" style="margin-right: -.05pt; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph;"><span lang="id" style="font-size: 10.0pt; font-family: 'Arial','sans-serif';">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode pembelajaran STEAM terhadap perkembangan konsep matematika anak di kelompok B TK Negeri Model Terpadu dan, (2) pengaruh metode pembelajaran STEAM terhadap perkembangan kreativitas anak di kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>quasi experiment research</em> dengan desain <em>post-test only control group</em>. Populasi pada penelitian ini adalah 60 anak TK kelompok B di TK Negeri Model Terpadu Madani. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah <em>total sampling </em>sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 60 anak TK kelompok B. Data Konsep Matematika dan Kreativitas Anak diambil menggunakan lembar <em>checklist</em> rating dengan skala penilaian 1-4. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan uji t dua sampel berpasangan (<em>two sample paired t-test</em>). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode <em>STEAM </em>yang diterapkan berpengaruh signifikan terhadap konsep matematika anak usia dini Kelas B di TK Negeri Model Terpadu Madani dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 &lt; α (0,05) (2) Metode <em>STEAM </em>yang diterapkan berpengaruh signifikan terhadap kreatifitas anak usia dini Kelas B di TK Negeri Model Terpadu Madani dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 &lt; &lt; α (0,05).</span></p> 2024-10-24T13:58:28+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia