HUBUNGAN MAGANG DENGAN PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN : EVALUASI MODEL FORMATIF SUMATIF

Main Article Content

T. Cendani
Rusijono
F. Arianto
C.F. Kholidya

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengevaluasi ketercapaian tujuan program magang di sekolah menengah kejuruan serta dampaknya terhadap peningkatan kompetensi keahlian siswa sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Evaluasi dilakukan menggunakan model formatif sumatif. Subjek penelitian meliputi ketua program magang di sekolah, guru pembimbing, instruktur magang, dan siswa yang telah mengikuti program magang. Variabel yang dievaluasi adalah keterlaksanaan program magang dan kompetensi siswa. Pengumpulan data keterlaksanaan program magang menggunakan teknik wawancara dan angket. Wawancara ditujukan pada ketua program magang sekolah. Angket diberikan pada guru pembimbing, instruktur magang, dan siswa. Data kompetensi siswa dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji Wilcoxon. Hasil analisis deskriptif didasarkan pada hasil wawancara dengan ketua program magang sekolah yang menunjukkan bahwa perencanaan program magang telah dilakukan sesuai buku pedoman pelaksanaan magang. Hasil keterlaksanaan magang dari aspek keterlibatan guru pembimbing adalah 93.4% dan instruktur magang 95.39%  dan dari aspek siswa sebesar 92.5%, jika diinterpretasikan masuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik. Data wawancara dan angket menunjukkan bahwa program magang di sekolah menengah kejuruan terlaksana dengan sangat baik. Hasil analisis uji Wilcoxon didapatkan hasil nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0.001. Nilai Asymp.Sig. (2-tailed) tersebut nilainya lebih kecil dari < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh antara program magang dengan kompetensi siswa. Disimpulkan bahwa kegiatan magang mampu meningkatkan kompetensi siswa di sekolah menengah kejuruan.

Article Details

Section
Articles

References

Ambiyar. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. In Alfabeta (1st ed.). Alfabeta.

Arbour, G. (2020). Teaching programme evaluation: A problem of knowledge. Evaluation and Program Planning, 83, 101872. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2020.101872

Ardiani, L., & Ridwan. (2020). Evaluasi pelaksanaan program praktek kerja industri (prakerin ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 194–200. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25300

Arikunto, S., & Cepi Abdul Jabar, S. (2018). Evaluasi Program Pendidikan (kedua). Bumi Aksara.

Haryani, A., & Sunarto, S. (2021). Manajemen dan Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan di SMK Negeri 2 Kebumen. Media Manajemen Pendidikan, 3(3), 438. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.8037

Hidayanti, N., Utomo, E., & Nursetyo, K. I. (2020). Evaluasi kinerja guru pembimbing pada program Prakerin keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Taman Harapan Bekasi. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.21009/jpi.031.08

Juri, A., Alexsandra., Purwanto, W., Indrawan, E. (2022). Evaluasi Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) Di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Indonesian Gender and Society Journal. 3(1), 1-6. http://dx.doi.org/10.23887/igsj.v3i1.49837

King, J. A., & Ayoo, S. (2020). What do we know about evaluator education? A review of peer-reviewed publications (1978–2018). Evaluation and Program Planning, 79(July 2019), 101785. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2020.101785

Mertens, D. M., & Wilson, A. T. (2019). Program Evaluation Theory and Practice. In Program Evaluation Theory and Practice. The Guilford Press.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.

Rahmatullah, N., Nasyaliyah, L., Sugiani, R., Yana, Taufiq, A., Dwinanda, Z., Kurnia, I., Ardely, F. F. & Rahmawati, W. (2021). Panduan Program Praktik Kerja Lapangan Peserta Didik SMK Tahun 2021. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi.

Rahmatullah, N., Gumelar, G., Nasyaliyah, L., & Sugiani, R., Yudhaningrum, L., Erik, & Taufiq, A. (2021). Pedoman Praktik Kerja Lapangan Peserta Didik SMK/MAK di dalam Negeri. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi. http://smk.kemdikbud.go.id/uploads/filestorage/1705550996285_c2ee304b-8216-47a3-aa09-0760a56a3ec6.pdf

Rahmawati, P., & Hariyati, N. (2019). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin) dan Kompetensi Multimedia Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri 1 Kota Mojokerto. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), 1–14. https://core.ac.uk/download/pdf/230625417.pdf

Riadi, A. (2016). Evaluasi Formatif Pelaksanaan Program Administration Department Head Refreshment di PT . United Tractors. Universitas Negeri Jakarta.

Selvi. (2017). Evaluasi Program Praktik Kerja Industri Pada komp keahlian perkantoran pada SMK sumpah Pemuda Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Statistik, B. P. (2023). Berita Resmi Statistik Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia. Bps.Go.Id, 19(27), 1–8. bps.go.id/pressrelease.html

Zahroh, A. A. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android Materi Jenis – Jenis Kamera dan Alat Bantu Fotografi pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan untuk Peserta Didik Kelas XI Multimedia SMK Negeri 4 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.