Pengembangan Panduan Konseling Kelompok Dengan Teori Trait and Factor Berbasis Online Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas Pengembangan Panduan Konseling Kelompok Dengan Teori Trait and Factor Berbasis Online Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas

Main Article Content

Selvi Melisa Putri
Kadek Suranata
Luh Putu Sri Lestari

Abstract

Abstract: The study was a Research & Development research. The product developed was a Group Counseling Guidebook with Trait and Factor Based on Online to increase the Career Maturity of High School Students. This guidebook was created to be applied as a sources for Counseling Teachers in applying counseling service in improving students’ career perfection. The study employed 4D model by Thiagarajan, i.e. (1) Define, (2) Design, (3) Develop, and (4) Disseminate. The research subject were 5 experts namely 3 Counseling Guidance lecturers of FIP Undiksha and 2 Counseling Guidance Teachers at SMA Negeri 2 Kuta. The other 8 students were used in examining the effectivity of the guidebook. Based on experts, 22 items instruments were categorized as valid. The results found that the index of content validity (CVI) was in a very acceptable category. The index of content validity is vital to examine the appropriate assessment to use. The hypothesis showed that there is an effectiveness of Group Counseling Guidebooks with Trait and Factor Theory Based on Online Counseling to complete Students Career Maturity Testing with count 24.92 with a Sig. value of 0.00 and ES value = 3.12 which included in the ES Category.


Abstrak: Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (R&D). Produk yang dirancang adalah Buku Panduan Konseling Kelompok dengan Teori Trait and Factor Berbasis Online untuk meningkatkan kematangan karir siswa Sekolah Menengah Atas. Buku ini dirancang agar bisa dipergunakan sebagai acuan guru BK dalam memberikan pelayanan konseling di sekolah guna meningkatkan kematangan karir peserta didik. Prosedur pengembangan ini yaitu model Pengembangan 4D oleh Thiagarajan dengan fase yakni: (1) Pendefinisian, (2) Rancangan, (3) Pengembangan, dan (4) Penyebaran. Pengembangan ini melibatkan 5 orang ahli yang terdiri atas 3 orang dosen Bimbingan Kosenling FIP Undiksha dan 2 guru Bimbingan Konseling SMA Negeri 2 Kuta. Dalam pengujian efektivitas buku panduan ini, terdapat 8 siswa yang dilibatkan. Semua butir pada buku panduan konseling uang dinilai pakar mempunyai validitas pada kategori baik. Sesuai penilaian pada indeks validitas isi (CVI), buku ini berada di kategori sangat sesuai. Penilaian indeks validitas isi pada buku panduan sangatlah penting untuk mengidentifikasi kelayakan untuk digunakan. Pengujian hipotesis menemukan terdapat efektivitas buku Panduan Konseling Kelompok dengan Teori Trait and Factor berbasis online dalam meningkatkan kematangan karir siswa dengan thitung 24,92 pada taraf signifikansi 0.00 serta nilai ES = 3.12 pada kriteria ES tinggi.

Article Details

Section
Articles

References

Ardi, Z., & Ifdil, I. (2013). Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E-konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 15–22.
Lawshe, C. H. (1975). a Quantitative Approach To Content Validity. Personnel Psychology, 28(4), 563–575. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x
Pasmawati, H. (2016). Online Sebagai Metode Pengembangan Layanan Konseling Di Era Global. Jurnal Ilmiah, 16(2), 34–54. https://www.neliti.com/id/publications/288048/
Prayitno. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. 311.
Seligman, L. (1994). Developmental career counseling and assessment (2nd ed.). Thousand Oaks, CA, US: Sage Publications, Inc. In International Handbook of Career Guidance. https://doi.org/10.1007/978-3-030-25153-6
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Thiagarajan. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2