Pengaruh Mindfulness Terhadap Resiliensi Pada Siswa Remaja SMP
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the effect of mindfulness on resilience in State Junior High School students.This type of research is ex post facto, while the design of this research is descriptive correlation with quantitative methods. The total population is 1095 students and the sample is 293 students in State Junior High Schools in East Semarang District. The sampling technique used proportional random sampling while the data collection tool used a mindfulness scale and a resilience scale. The data analysis technique used in hypothesis testing is multiple regression analysis.The results of this study indicate that mindfulness has a positive and significant effect on resilience in junior high school students in East Semarang district with a value of (β = 0.678, p <0.05). That is, mindfulness affects resilience by 67.8%. The higher the mindfulness, the higher the resilience of students. Therefore, a guidance and counseling service program is needed to improve students' mindfulness and academic resilience.
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mindfulness terhadap resiliensi pada siswa SMP. Jenis penelitian ini yaitu expost facto, sedangkan desain penelitian ini yaitu deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 1095 siswa dan sampel sebanyak 293 siswa di SMP Negeri Se-Kecamatan Semarang Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sedangkan alat pengambilan data menggunakan skala mindfulness dan skala resiliensi. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis yaitu analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mindfulness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap resiliensi pada siswa SMP Negeri Se-kecamatan Semarang Timur dengan nilai sebesar (β=0,678, p<0,05). Artinya, mindfulness mempengaruhi resiliensi sebesar 67,8%. Semakin tinggi mindfulness maka semakin tinggi resiliensi siswa. Oleh karena itu, diperlukan program layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan mindfulness siswa dan resiliensi akademik.
Kata kunci: mindfulness., resiliensi., remaja SMP.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aini, D. K. (2020). Positive Attachment, Mindfulness dan Resiliensi Remaja di Era Tatanan Baru. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 2, 210–225.
Anghel, R. E. (2015). Psychological and educational resilence in high vs low risk romanian adolescent. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 203, 153-157.
Arif, Iman Setiadi. (2016). Psikologi Positif: Pendekatan Saintifik Menuju Kebahagiaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baer, R. A., & Krietemeyer, J. (2006). Overview of mindfulness-and acceptance-based treatment approaches. Mindfulness-Based Treatment Approaches: Clinician’s Guide to Evidence Base and Applications, 3–27.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.
Bishop, S. R., Kraemer, H. C., Turner, J. A., Anderson, M. L., Balderson, B. H., Cook, A. J., Sherman, K. J., & Cherkin, D. C. (2004). Mindfulness : A Proposed Operational Definition. Clinical Psychology: Science and Practice, 157(3), 230–241.
Bögels, S. M., Hellemans, J., van Deursen, S., Römer, M., & van der Meulen, R. (2014). Mindful parenting in mental health care: Effects on parental and child psychopathology, parental stress, parenting, coparenting, and marital functioning. Mindfulness, 5(5), 536–551. https://doi.org/10.1007/s12671-013-0209-7
Bradley T. Erford. (2016). 40 Teknik yang harus diketahui setiap konselor.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Brown, K. W., Ryan, R. M., & Creswell, J. D. (2007). Mindfulness: Theoretical Fondation and Evidence for its Salutary Effects. Psychological Inquiry, 18 (4), 211-273
Bowlin, S. L., & Baer, R. A. (2012). Relationships between Mindfulness, Self-Control, and Psychological Functioning. Personality and Individual Differences, 52, 411-415. https://doi.org/10.1016/j.paid.2011.10.050
Chaterine, R. N. (2020, March 18). Siswa belajar dari rumah, KPAI: Anak-anak stres dikasih banyak tugas. Detik News. https://news.detik.com/berita/d-4944071/siswabelajar-dari-rumah-kpai-anak-anak-stres-dikasihbanyak-tugas
Chavers, D. J. (2013). Relationships between spirituality, religiosity, mindfulness, personality, and resilience. University of South Alabama.
Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new resilience scale: The Connor‐Davidson resilience scale (CD‐RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76–82.
Desmita. (2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Djaali, P. M., & Muljono, P. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan: Jakarta. Grasindo.
Eem Munawaroh, M. P., Esya Anesty Mashudi, M. P., & Ibda, H. (2018). Resiliensi; Kemampuan Bertahan dalam Tekanan, dan Bangkit dari Keterpurukan. CV. Pilar Nusantara.
Ernawati, L., & Rusmawati, D. (2015). Dukungan Sosial Orang Tua Dan Stres Akademik Pada Siswa Smk Yang Menggunakan Kurikulum 2013. Jurnal Empati, 4(4), 26-31. https://doi.org/10.14710/empati.2015.13547Murphey, D., Barry, M., & Vaughn, B.(2013). Positive mental health: Resilience. Child Trends: Positive Mental Health Resilience, January(January), 1-6.
Farrasani, N. H., & Hadiyati, F. N. R. (2019). Hubungan Antara Mindfulness Dengan Resiliensi Pada Peserta Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Diponegoro Tahun 2018. Universitas Diponegoro.
Fourianalistyawati, E., Listiyandini, R. A., & Fitriana, T. S. (2016). Hubungan mindfulness dan kualitas hidup orang dewasa. Prosiding Forum Ilmiah Psikologi Indonesian (FIPI), 1, 1–12.
Hanley, A.J., et al. (2002). Overweight Among Children and Adolescents in a Native Canadian Community: Prevalence and Associated Factors. American Journal of Clinical Nutrition 71(3): 693-700.
Hasanah, U., Murad, A., & Parinduri, M. A. (2022). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Goal Commitment terhadap Resiliensi pada Mahasiswa di Universitas Medan Area. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2541–2555. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.1113
Jannah, A. M. (2019). Hubungan mindfulness dan penerimaan diri pada remaja dengan orang tua tunggal. Skripsi. Malang: Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang.
Kabat-Zinn, J. (2003). Mindfulness-based interventions in context: Past, present, and future. Clinical Psychology: Science and Practice, 10(2), 144–156. https://doi.org/10.1093/clipsy/bpg016
Keye, M. D., & Pidgeon, A. M. (2013). Investigation of the Relationship between Resilience, Mindfulness, and Academic Self-Efficacy. Open Journal of Social Sciences, 01(06), 1–4. https://doi.org/10.4236/jss.2013.16001
L. Ernawati, and D. Rusmawati. Dukungan Sosial Orang Tua Dan Stres Akademik Pada Siswa Smk Yang Menggunakan Kurikulum 2013. Jurnal EMPATI, vol. 4, no. 4, pp. 26-31, Oct. 2015.
Lopez, S. J. (2009). The Encyclopedia of Positive Psychology. United Kingdom: Blackwell Publishing Ltd.
Nikmah, R. (2017). Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Resiliensi Siswa. Prosiding Seminar Nasional BK-FIP UPGRIS, (2017), 217–221.
Pahlevi, R., Sugiharto, D. Y. P., & Jafar, M. (2017). Prediksi Self-Esteem, Social Support dan Religiusitas terhadap Resiliensi. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 90–93.
Raharjo, D. B., & Sari, R. R. N. (2020, March 19). Belajar online di tengah corona, ada siswa mengeluh tensi darah naik. Suara. https://www.suara.com/news/2020/03/19/205940/belajar-online-di-tengah-corona-ada-siswamengeluh-tensi-darah-naik
Renshaw, T. L., Fischer, A. J., & Klingbeil, D. A. (2017). Mindfulness-Based Intervention in School Psychology The State-of-the-Science of MBI. California Association of School Psychologists, 21, 299–303.
Reivich & Shatte. (2002). The Resilience Faktor. New York : Random House, Inc.
Santrock, J. W. (2012). Life Span Development : Perkembangan Masa Hidup Jilid I. (B. Widyasinta, Penerj.) Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sembiring, M. (2016). Efikasi Diri Sebagai Faktor Pelindung Resiliensi Akademik Siswa. Seminar Nasional Psikologi, 111, 124–136.
Sirois, F. M., & Tosti, N. (2012). Lost in The Moment? An Investigation of Procrastination, Mindfulness, and Well-being. Journal of Rational-Emotive & Cognitive-Behavior Therapy, 30(4), 237–248. https://doi.org/10.1007/s10942-012-0151-y
Soetjiningsih, (2004). Buku Ajar: Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya.Jakarta : Sagung Seto.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tadlock-Marlo, R. L. (2011). Making Minds Matter: Infsusing Mindfulness Into School Counseling. Journal of Creativity in Mental Health, 6, 220-233
Tumanggor, R. O., & Dariyo, A. (2015). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Resiliensi Akademik , Mastery Goal Orientation dan Prestasi Belajar. 978–979.
Waney, N. C., Kristinawati, W., & Setiawan, A. (2020). Mindfulness Dan Penerimaan Diri Pada Remaja Di Era Digital. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(2), 73. https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i2.969
Waskito, P. (2019). Mindfulness dalam Layanan Bimbingan dan Konseling bagi Peserta Didik Remaja di Sekolah Menengah Pertama. Proceeding Konvensi Nasional XXI Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia, April, 115–121.
Weare, K. (2012). Evidence for the impact of mindfulness on children and young people. Mindfulness in Schools Project, April, 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.00590