Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia </strong>adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan Bahasa Indonesia. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan bahasa Indonesia bagi masyarakat akademik.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia</strong> &nbsp;Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia telah menjadi anggota CrossRef dengan DOI: 10.23887/jurnal_bahasa sehingga semua artikel yang diterbitkan oleh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia akan memiliki nomor DOI yang unik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia pertama kali terbit pada tahun 2012 dan terbit rutin dua kali setahun pada bulan Maret dan Oktober sejak tahun 2018 hingga sekarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (RISTEKBRIN) Republik Indonesia yang menduduki peringkat Kelas Lima (Peringkat 5, Sinta 5) dari Volume 9, Nomor 1, 2020 hingga Volume13 , Nomor 2 Tahun 2024 berdasarkan Keputusan No. 200/M/KPT/2020 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020 tanggal 23 Desember 2020.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia</strong>&nbsp; mulai tahun 2021 menerbitkan artikel dari terbitan Vol 10 No 1 tentang OJS 3, hal ini disebabkan adanya kesalahan sistem (error) pada OJS 2 yaitu Cut-Off System. Untuk melihat publikasi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia 2012-2020<strong> &gt;&gt;&nbsp;<a href="https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/issue/archive">Klik Disini</a></strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>p-ISSN :<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1510888975">&nbsp;2615-7462</a>&nbsp;(cetak) dan e-ISSN :&nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1510793643">2615-7470</a>&nbsp; (online)</strong></p> en-US wayanrasna@gmail.com (I Wayan Rasna) ejournalpascasarjana@gmail.com (Asti) Wed, 16 Oct 2024 10:56:33 +0800 OJS 3.1.2.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENINGKATAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3432 <p>Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang wajib di setiap tingkat pendidikan, dimaksudkan agar siswa dapat menguasai Bahasa Indonesia dengan baik, baik secara lisan maupun tulisan. Namun, dalam praktiknya, sering kali pembelajaran Bahasa Indonesia tidak mencapai tujuan yang diinginkan, mengakibatkan hasil belajar yang kurang memuaskan, khususnya di kelas II SD Muhammadiyah 16 Karangasem. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa di kelas II dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi <em>Team Games Tournament</em> (TGT) di SD Muhammadiyah 16 Karangasem. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis McTaggart, dilakukan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan analisis data interaktif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Kemudian analisis data merujuk pada tahapan dari model Kemmis McTaggart yaitu diagnosis masalah, perancangan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi kejadian, evaluasi, dan refleksi. Partisipan penelitian ini adalah 25 siswa kelas II, dengan hasil menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran <em>Team Games Tournament</em> dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa di SD Muhammadiyah 16 Karangasem. Peningkatan kerja sama siswa dalam berkelompok terlihat pada setiap siklus, dengan <em>presentase</em> meningkat dari 45% pada siklus l menjadi 88% pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga meningkat, dengan <em>presentase</em> ketuntasan meningkat dari 12% pada siklus l menjadi 92% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi <em>Team Games Tournament</em> efektif dalam meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa di kelas II SD Muhammadiyah 16 Karangasem.</p> M.G. Fatah, R.D. Utami Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3432 Wed, 16 Oct 2024 09:37:27 +0800 PENGEMBANGAN MODEL MENULIS MENGGUNAKAN MEDIA MELAMBUNG BERBASIS QR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3783 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model menulis menggunakan media melambung berbasis QR untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas II SD 1 Bae Kudus&nbsp; tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II SD 1 BAE Kudus dengan&nbsp; jumlah sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em>, serta respons guru dan respons siswa. Jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan kriteria penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian tersebut adalah : 1) Telah dikembangkannya media pembelajaran berupa modul Terampil Melambung (Menulis Tegak Bersambung) kelas II dengan skor 93 dan 88 dengan rata-rata 3,44 dan 3,3 layak. 2) Respons guru terhadap modul mendapatkan skor 3,46 dengan kategori layak. 3) Hasil <em>pre-test</em> peserta didik berjumlah 54,5 dan setelah diberikan perlakuan, hasil <em>post-test</em> meningkat menjadi 67,4 sehingga mengalami peningkatan sebesar 23,66%. Dengan demikian, media Modul Terampil Melambung Berbasis Kode QR pada Kelas II dinyatakan layak dan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.</p> D.K. Fitrianti, R. Apriyana, S. Faradilla Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3783 Wed, 16 Oct 2024 09:59:41 +0800 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENERAPKAN 4 KATA AJAIB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3730 <p>Berdasarkan hasil wawancara guru dan observasi kelas VI SLBN Purwosari Kudus dapat disimpulkan bahwa dalam kemampuan memahami dan menerapkan materi 4 kata ajaib mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat permasalahan. Peserta didik belum terkonsep secara baik sehingga belum bisa menerapkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menerapkan 4 kata ajaib melalui model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> untuk anak tuna grahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode penetian tindakan kelas (PTK) dengan subjek terdiri dari siswa tunagrahita ringan berjumlah satu anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu analisis data deskripstif yang berdasarkan analisis hasil tes evaluasi setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I sebagian siswa belum menguasai materi dan diperoleh hasil <em>pretest</em> anak sebesar 60% yang kemudian pada siklus II meningkat siswa aktif dalam bertanya jawab dan menyampaikan gagasannya sehingga berindikasi meningkat menjadi 80% pada sikus II. Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran PBL terjadi peningkatan pada pemahaman siswa tunagrahita ringan.</p> R.M. Nakhlah, L.K. Puryati, A.C. Ruby Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3730 Wed, 16 Oct 2024 10:08:23 +0800 FENOMENA UJARAN KEBENCIAN WARGANET DI KOLOM KOMENTAR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM AKUN @Riaricis1795 https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3356 <p>Maraknya perkembangan teknologi telah membawa dampak signifikan bagi masyarakat modern. Media sosial, sebagai bagian dari perkembangan teknologi, memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Dalam konteks bahasa, media sosial tidak hanya menjadi platform komunikasi, tetapi juga sarana untuk mengakses informasi, mengekspresikan diri, menjalankan bisnis, dan mencari teman dari berbagai belahan dunia. Namun, dengan popularitasnya, media sosial juga menjadi tempat berkembangnya ujaran kebencian, terutama di platform seperti Instagram. Fokus utama penelitian ini adalah fenomena ujaran kebencian yang terjadi di kolom komentar Instagram, dengan studi kasus pada akun @riaricis1795. Pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini berupa pendekatan deskriptif kualitatif yaitu pendekatan yang menggunakan kata-kata atau kalimat untuk menganalisis data, dengan tetap memperhatikan konteks dan makna yang terkandung dalam setiap komentar. Data penelitian berupa bentuk komentar negatif warganet dengan mengambil screenshoot di kolom komentar Instagram akun @riarici1795. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kategori ujaran kebenciaan warganet pada akun tersebut, yaitu kategori ejekan, hinaan, dan hasutan. Penelitian ini juga memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana ujaran kebencian termanifestasi dalam interaksi online, serta implikasinya terhadap etika dan norma dalam komunikasi digital. Dengan demikian, penelitian ini dapat berkontribusi penting dalam memahami dinamika bahasa dalam konteks media sosial, serta menyoroti perlunya kesadaran akan etika dalam berinteraksi online.</p> Musriana, Firdaus, Istiqamah, F. Hanum Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3356 Wed, 16 Oct 2024 10:31:13 +0800 MAJAS PERBANDINGAN PADA LIRIK LAGU MAHALINI RAHARJA DALAM ALBUM FÁBULA https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3983 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis majas perbandingan yang ada di dalam album Mahalini Raharja dalam album <em>Fábula</em>. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode simak menggunakan teknik catat dan teknik rekam. Data dalam penelitian ini berupa teks-teks yang terdapat pada lirik lagu dalam album <em>Fábula</em> oleh Mahalini Raharja. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode padan dengan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dengan alat padan pilah referensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahalini Raharja selaku penulis lirik lagunya sendiri pada album <em>Fábula</em> cenderung menggunakan majas antonomasia, majas disfemisme, majas eufemisme, majas hiperbola, majas metafora, majas paronomasia, majas personifikasi, majas simbolik, majas simile, majas pars prototo, majas sinestesia, dan majas tropen. Jenis majas perbandingan yang di analisis berupa sepuluh lagu Mahalini Raharja dalam album <em>Fábula</em> berjudul <em>Ini Laguku</em>, <em>Buru-Buru</em>, <em>Bawa Dia Kembali</em>, <em>Putar Waktu</em>, <em>Bohongi Hati</em>, <em>Melawan Restu</em>, <em>Sial</em>, <em>Sisa Rasa</em>, <em>Pecahkan Hatiku</em>, dan <em>Kisah Sempurna</em>.</p> Zulfikar, Nasrul Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3983 Wed, 16 Oct 2024 10:55:31 +0800 ANALISIS GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU KANGEN BAND https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3972 <p>Penelitian ini membahas gaya bahasa bertujuan menndeskripsikan dan meyimpulkan gaya bahasa yang ada pada lirik lagu Kangen Band yaitu Merayu Tuhan, Dimana Perasaanmu, Bersabarlah, Jika Mengeti Aku, dan Usai Sudah. Metode yang digunakan peneliti adalah deskriptif. Teknik pengumpulan ini simak dan catat lirik lagu Kangen Band. Analisis dilakukan dengan cara (1)&nbsp; mencari lagu terbaru Kangen Band lalu medengar dan menonton video klip melalui aplikasi <em>YOUTUBE</em>, (2) mencatat lirik lagu Kangen Band, (3) menganalisis data yang telah dikelompokkan kedalam tabel inventaris, (4) mendefinisikan data, (5) menyimpulkan hasil data mengenai gaya bahasa pada lirik lagu Kangen Band. Berdasarkan hasil penelitian gaya bahasa pada Lirik Lagu Kangen Band dapat disimpulkan bahwa gaya bahasa pada Lirik Lagu Kangen Band ditemukan gaya bahasa perbandingan yaitu metafora, alegori, perumpamaan, dan personifikasi. Selanjutnya gaya bahasa pertentangan ditemukan ironi dan sinisme. Terakhir gaya bahasa perulangan yaitu asonansi dan anafora.</p> R. Mahwani, I.L. Shanty, T. Kurmalasari Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3972 Thu, 07 Nov 2024 10:17:52 +0800 Analisis ANALISIS IMPLIKATUR PERCAKAPAN TOKOH DALAM FILM RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3990 <p>Bahasa merupakan kebutuhan bagi manusia, bahasa juga sebagai alat untuk berfikir bagi manusia. Secara lisan dan tulisan, bahasa juga dapat digunakan untuk berkomunikasi. Studi tentang bahasa, khususnya penggunaan eksternal bahasa atau struktur bahasa dalam suatu konteks disebut dengan pragmatik. Pragmatik juga melihat bagaimana mitra tutur dapat menyimpulkan maksud penutur dari tuturan tersebut. Pada studi Pragmatik terdapat pembahasaan mengenai impikatur percakapan yang merupakan bagian yang lebih dalam dari pada tuturan. Penelitian Implikatur menarik untuk diteliti, dianggap penting untuk diteliti lebih dalam karena pada kehidupan sehari-hari tanpa disadari terkadang kita melalukan kegiatan percakapan yang mengandung implikatur dan sering menemukan adanya tidak sesuaian antara bentuk bahasa yang digunakan dengan apa yang dimaksudkan, jadi, pemahaman terhadap implikatur percakapan sangat diperlukan agar dapat saling memahami maksud dari pembicara dalam suatu percakapan. Peneliti memilih film Ranah 3 warna sebagai objek penelitian peneliti, karena di dalam film tersebut banyak menceritakan tentang kehidupan sehari-hari dan dapat dijadikan sebagai motivasi atau semangat untuk kaum remaja mengapai cita-cita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tuturan Implikatur Percakapan Tokoh dalam Film Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi. Dengan menggunakan implikatur percakapan. Metode penelitian ini merupakan deskriptif dengan menggunakan suatu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Hasil penelitian ini memperoleh berbagai implikatur percakapan umum, implikatur percakapan khusus, dan implikatur percakapan berskala. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui <em>Ranah 3 Warna </em>karya Ahmad Fuadi mendeskripsikan percakapan yang digunakan pada tokoh <em>Ranah 3 warna. </em>Adapun percakapan yang digunakan yaitu Implikatur percakapan umum, Implikatur percakapan khusus, Implikatur percakapan berskala.</p> A. Legisyha, I.L Shanty, Suhardi, L. Elfitra, A. Wahyusari, Zaitun Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3990 Thu, 07 Nov 2024 10:47:10 +0800 KAJIAN SASTRA BANDINGAN: PERBANDINGAN NILAI MORAL KEHIDUPAN PADA NOVEL SANG NABI KARYA KAHLIL GIBRAN DENGAN NOVEL LEMBAH JIWA KARYA BUYA HAMKA https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3350 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan nilai moral kehidupan yang terdapat pada novel Sang Nabi karya Kahlil Gibran dengan Lembah Jiwa karya Buya Hamka dalam tinjauan unsur intertekstual pada kajian sastra bandingan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif untuk menggambarkan dan mendeskripsikan nilai moral yang terdapat pada novel Sang Nabi karya Kahlil Gibran dan Lembah Jiwa karya Buya Hamka. Teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui metode simak catat dengan cara membaca, menyimak, mencatat serta mengelompokkan data yang termasuk kedalam kategori nilai moral kehidupan pada kedua ovel tersebut. Adapun teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis isi yang ditujukan untuk mengidentifikasi perbandingan nilai moral kehidupan yang terdapat pada novel Sang Nabi karya Kahlil Gibran dengan Lembah Jiwa karya Buya Hamka. Adapun hasil yang diperoleh mencakup tiga aspek, antara lain ialah hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan mausia lain, dan hubungan manusia dengan Tuhannya. Nilai moral kehidupan yang terdapat pada kedua novel ini berisikan pesan-pesan kehidupan untuk menjadi pribadi yang lebih baik kepada para pembacanya.</p> P.D. Adelia, T.U. Dewi Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3350 Thu, 07 Nov 2024 11:03:39 +0800