https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/issue/feed Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 2024-10-16T10:56:33+08:00 I Wayan Rasna wayanrasna@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia </strong>adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan Bahasa Indonesia. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan bahasa Indonesia bagi masyarakat akademik.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia</strong> &nbsp;Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia telah menjadi anggota CrossRef dengan DOI: 10.23887/jurnal_bahasa sehingga semua artikel yang diterbitkan oleh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia akan memiliki nomor DOI yang unik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia pertama kali terbit pada tahun 2012 dan terbit rutin dua kali setahun pada bulan Maret dan Oktober sejak tahun 2018 hingga sekarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (RISTEKBRIN) Republik Indonesia yang menduduki peringkat Kelas Lima (Peringkat 5, Sinta 5) dari Volume 9, Nomor 1, 2020 hingga Volume13 , Nomor 2 Tahun 2024 berdasarkan Keputusan No. 200/M/KPT/2020 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020 tanggal 23 Desember 2020.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia</strong>&nbsp; mulai tahun 2021 menerbitkan artikel dari terbitan Vol 10 No 1 tentang OJS 3, hal ini disebabkan adanya kesalahan sistem (error) pada OJS 2 yaitu Cut-Off System. Untuk melihat publikasi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia 2012-2020<strong> &gt;&gt;&nbsp;<a href="https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/issue/archive">Klik Disini</a></strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>p-ISSN :<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1510888975">&nbsp;2615-7462</a>&nbsp;(cetak) dan e-ISSN :&nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1510793643">2615-7470</a>&nbsp; (online)</strong></p> https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3432 PENINGKATAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA 2024-10-16T10:56:22+08:00 M.G. Fatah ghusnifatah3330@gmail.com R.D. Utami rdu150@ums.ac.id <p>Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang wajib di setiap tingkat pendidikan, dimaksudkan agar siswa dapat menguasai Bahasa Indonesia dengan baik, baik secara lisan maupun tulisan. Namun, dalam praktiknya, sering kali pembelajaran Bahasa Indonesia tidak mencapai tujuan yang diinginkan, mengakibatkan hasil belajar yang kurang memuaskan, khususnya di kelas II SD Muhammadiyah 16 Karangasem. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa di kelas II dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi <em>Team Games Tournament</em> (TGT) di SD Muhammadiyah 16 Karangasem. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis McTaggart, dilakukan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan analisis data interaktif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Kemudian analisis data merujuk pada tahapan dari model Kemmis McTaggart yaitu diagnosis masalah, perancangan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi kejadian, evaluasi, dan refleksi. Partisipan penelitian ini adalah 25 siswa kelas II, dengan hasil menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran <em>Team Games Tournament</em> dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa di SD Muhammadiyah 16 Karangasem. Peningkatan kerja sama siswa dalam berkelompok terlihat pada setiap siklus, dengan <em>presentase</em> meningkat dari 45% pada siklus l menjadi 88% pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga meningkat, dengan <em>presentase</em> ketuntasan meningkat dari 12% pada siklus l menjadi 92% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi <em>Team Games Tournament</em> efektif dalam meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa di kelas II SD Muhammadiyah 16 Karangasem.</p> 2024-10-16T09:37:27+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3783 PENGEMBANGAN MODEL MENULIS MENGGUNAKAN MEDIA MELAMBUNG BERBASIS QR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA 2024-10-16T10:56:24+08:00 D.K. Fitrianti 202133215@std.umk.ac.id R. Apriyana 202133232@std.umk.ac.id S. Faradilla 202133251@std.umk.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model menulis menggunakan media melambung berbasis QR untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas II SD 1 Bae Kudus&nbsp; tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II SD 1 BAE Kudus dengan&nbsp; jumlah sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em>, serta respons guru dan respons siswa. Jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan kriteria penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian tersebut adalah : 1) Telah dikembangkannya media pembelajaran berupa modul Terampil Melambung (Menulis Tegak Bersambung) kelas II dengan skor 93 dan 88 dengan rata-rata 3,44 dan 3,3 layak. 2) Respons guru terhadap modul mendapatkan skor 3,46 dengan kategori layak. 3) Hasil <em>pre-test</em> peserta didik berjumlah 54,5 dan setelah diberikan perlakuan, hasil <em>post-test</em> meningkat menjadi 67,4 sehingga mengalami peningkatan sebesar 23,66%. Dengan demikian, media Modul Terampil Melambung Berbasis Kode QR pada Kelas II dinyatakan layak dan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.</p> 2024-10-16T09:59:41+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3730 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENERAPKAN 4 KATA AJAIB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN 2024-10-16T10:56:26+08:00 R.M. Nakhlah 202133117@std.umk.ac.id L.K. Puryati 202133120@std.umk.ac.id A.C. Ruby arcivid.ruby@umk.ac.id <p>Berdasarkan hasil wawancara guru dan observasi kelas VI SLBN Purwosari Kudus dapat disimpulkan bahwa dalam kemampuan memahami dan menerapkan materi 4 kata ajaib mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat permasalahan. Peserta didik belum terkonsep secara baik sehingga belum bisa menerapkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menerapkan 4 kata ajaib melalui model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> untuk anak tuna grahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode penetian tindakan kelas (PTK) dengan subjek terdiri dari siswa tunagrahita ringan berjumlah satu anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu analisis data deskripstif yang berdasarkan analisis hasil tes evaluasi setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I sebagian siswa belum menguasai materi dan diperoleh hasil <em>pretest</em> anak sebesar 60% yang kemudian pada siklus II meningkat siswa aktif dalam bertanya jawab dan menyampaikan gagasannya sehingga berindikasi meningkat menjadi 80% pada sikus II. Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran PBL terjadi peningkatan pada pemahaman siswa tunagrahita ringan.</p> 2024-10-16T10:08:23+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3356 FENOMENA UJARAN KEBENCIAN WARGANET DI KOLOM KOMENTAR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM AKUN @Riaricis1795 2024-10-16T10:56:28+08:00 Musriana musrianamusriana778@gmail.com Firdaus oiuuss814@gmail.com Istiqamah istiqamah@iainlhokseumawe.ac.id F. Hanum hanumalput@gmail.com <p>Maraknya perkembangan teknologi telah membawa dampak signifikan bagi masyarakat modern. Media sosial, sebagai bagian dari perkembangan teknologi, memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Dalam konteks bahasa, media sosial tidak hanya menjadi platform komunikasi, tetapi juga sarana untuk mengakses informasi, mengekspresikan diri, menjalankan bisnis, dan mencari teman dari berbagai belahan dunia. Namun, dengan popularitasnya, media sosial juga menjadi tempat berkembangnya ujaran kebencian, terutama di platform seperti Instagram. Fokus utama penelitian ini adalah fenomena ujaran kebencian yang terjadi di kolom komentar Instagram, dengan studi kasus pada akun @riaricis1795. Pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini berupa pendekatan deskriptif kualitatif yaitu pendekatan yang menggunakan kata-kata atau kalimat untuk menganalisis data, dengan tetap memperhatikan konteks dan makna yang terkandung dalam setiap komentar. Data penelitian berupa bentuk komentar negatif warganet dengan mengambil screenshoot di kolom komentar Instagram akun @riarici1795. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kategori ujaran kebenciaan warganet pada akun tersebut, yaitu kategori ejekan, hinaan, dan hasutan. Penelitian ini juga memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana ujaran kebencian termanifestasi dalam interaksi online, serta implikasinya terhadap etika dan norma dalam komunikasi digital. Dengan demikian, penelitian ini dapat berkontribusi penting dalam memahami dinamika bahasa dalam konteks media sosial, serta menyoroti perlunya kesadaran akan etika dalam berinteraksi online.</p> 2024-10-16T10:31:13+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3983 MAJAS PERBANDINGAN PADA LIRIK LAGU MAHALINI RAHARJA DALAM ALBUM FÁBULA 2024-10-16T10:56:31+08:00 Zulfikar fikizulfikar10@gmail.com Nasrul dosen02545@unpam.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis majas perbandingan yang ada di dalam album Mahalini Raharja dalam album <em>Fábula</em>. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode simak menggunakan teknik catat dan teknik rekam. Data dalam penelitian ini berupa teks-teks yang terdapat pada lirik lagu dalam album <em>Fábula</em> oleh Mahalini Raharja. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode padan dengan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dengan alat padan pilah referensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahalini Raharja selaku penulis lirik lagunya sendiri pada album <em>Fábula</em> cenderung menggunakan majas antonomasia, majas disfemisme, majas eufemisme, majas hiperbola, majas metafora, majas paronomasia, majas personifikasi, majas simbolik, majas simile, majas pars prototo, majas sinestesia, dan majas tropen. Jenis majas perbandingan yang di analisis berupa sepuluh lagu Mahalini Raharja dalam album <em>Fábula</em> berjudul <em>Ini Laguku</em>, <em>Buru-Buru</em>, <em>Bawa Dia Kembali</em>, <em>Putar Waktu</em>, <em>Bohongi Hati</em>, <em>Melawan Restu</em>, <em>Sial</em>, <em>Sisa Rasa</em>, <em>Pecahkan Hatiku</em>, dan <em>Kisah Sempurna</em>.</p> 2024-10-16T10:55:31+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia