PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR METAFORA BERBANTUAN PADLET TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS XI SMA

Main Article Content

E. Angelica
B.A. Siagian
J.A. Simaremare

Abstract

Kemampuan berpikir metafora adalah  sebuah kemampuan membandingkan dan menciptakan  dua hal yang berbeda dengan menggunakan gambaran dari dunia yang lebih konkret untuk menjelaskan ide-ide yang abstrak sehingga menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam, menarik dan mudah diingat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan berpikir metafora berbantuan padlet  terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Medan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 8 Medan Kota Medan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan catatan lapangan. Kemudian data yang terkumpul akan dianalisis dengan melakukan perhitungan guna menjawab rumusan masalah dan menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa kemampuan berpikir metafora berbantuan padlet telah meningkatkan kemampuan menulis teks puisi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Medan. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kemampuan berpikir metafora yang didukung oleh media padlet secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks puisi. Kombinasi antara berpikir metafora dan penggunaan Padlet tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga mendorong kreativitas siswa dalam mengapresiasi dan menciptakan karya sastra. Temuan ini menyarankan bahwa integrasi metode pembelajaran kreatif berbasis teknologi dapat meningkatkan kualitas pendidikan dalam seni sastra.

Article Details

Section
Articles

References

Afifah, A., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 72-82. https://ejournal.unib.ac.id/jurnaldiksa/article/view/10406

Agustini, H., Nugraha, R. G., & Hanifah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Padlet ULIK (Ular Tangga Interaktif Kreatif) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Research, 5(1), 807-814. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/931/514

Apriliana, A. (2022). Penggunaan media Padlet untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa SMP Islam Al Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia, 1(6), 594-603. https://jii.rivierapublishing.id/index.php/jii/article/view/76/160

Astuti, Y., Abidin, Y., & Cahyani, I. (2022). Meracik Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Padlet untuk Menulis Teks Eksplanasi. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 91-102. https://ejournal.unib.ac.id/jurnaldiksa/article/view/22660

Dewi, F. F., Utomo, A. P. Y., Widyawati, T. K., Rohman, D., Pramono, D., Kesuma, R. G., & Yunanda, N. S. (2024). Padlet sebagai Media Pembelajaran Teks Kritik Sastra dan Esai di SMAN 9 Semarang. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 46-58. https://journal.lpkd.or.id/index.php/Hardik/article/view/687

Eliza, R., Sepriyanti, N., & Husniyah, U. (2023). Penerapan Pendekatan Berpikir Metaforis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Mathema Journal, 5(2).

Hasibuan, D., Simaremare, J. A., & Siagian, B. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Peserta Didik Kelas XI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 402-412. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/170

Khoirunisa, A. R., & Kartikasari, R. D. (2022). Pengaruh Model Core Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbantuan Media Padlet. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 499-508. https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/279/197

Kurniati, I., & Hilaliyah, T. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 1-10. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/702/467

Launjaea, L. (2024). Pengaruh deklamasi puisi dalam pemahaman makna puisi. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 14(1), 55-62. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pembahsi/article/view/14017

Mauluddin, I., Zahro, A., & Widyartono, D. (2024). Pembelajaran Menulis Teks Puisi Berbasis Model Akrostik dengan Kartu Kata melalui Media Wordwall. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 13-26. https://ejournal.unib.ac.id/jurnaldiksa/article/view/31661

Mawarni, H. (2022). Analisis Fungsi Dan Makna Lawas (Puisi Tradisional) Masyarakat Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggarra Barat. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 133-142. https://www.jurnalp4i.com/index.php/cendekia/index

Nurjasia, N., Mahmud, N., & Aprisal, A. (2021). Metafora Kemampuan Berpikir Metafora Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(2), 8-15. https://journal.uiad.ac.id/index.php/Jtm/article/view/718

Sari, N. I., & Randi, R. (2024). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPI Annuriyyah Jakarta Timur. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 153-161. https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/disastra/article/view/3153/2678

Siagian, B. A., Sihombing, D., & Simaremare, J. A. (2023). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Schology Terhadap Pengembangan Hasil Literasi Berbasis Project Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Swasta Free Methodist 2 Medan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 402-411. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/19482

Silalahi, N. R., Sitohang, T., & Siagian, B. A. (2023). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi di Kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan Tahun Ajaran 2023/2022. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 6(2), 155-161. https://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/alfabeta/article/view/1169/936

Sundary, P. (2020). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Google Classroom Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK Swadhipa 2 Natar (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/10871/1/PUSAT%201%202.pdf

Suherman, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Metode Akrostik (Penelitian Tindakan Kelas). Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(1), 33-48. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i1.1720

Vivianti, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIN 2 Sidoarjo". Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Zaskia, H., Anisya, S., & Rahmadeni, F. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Metafora Siswa Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Deduktif dan Induktif Matematis Siswa (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup). https://e-theses.iaincurup.ac.id/6813/

Zulham, M., & Putri, I. D. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2667-2676. https://e-journal.my.id/onoma/article/view/3961