https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/JPM/issue/feed Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia 2024-07-08T09:44:17+08:00 I Gusti Putu Sudiarta gussudiarta@undiksha.ac.id Open Journal Systems <p align="justify">Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia (JPPMI)&nbsp; adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha dan&nbsp; bertujuan untuk mewadahi presentasi dan komunikasi karya-karya terbaru dan original dalam pendidikan dan pembelajaran matematika. Jurnal ini mengundang para praktisi, peneliti dan ilmuan dalam pendidikan dan pembelajaran matematika untuk berbagi aneka (1) inovasi dan temuan hasil penelitian, (2) pengalaman praktek pembelajaran, (3) hasil kajian pemikiran tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan Matematika. Jurnal ini terbit 2&nbsp; kali setahun, April dan Oktober</p> <p align="justify">Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia (JPPMI)&nbsp; menerbitkan artikel dari tahun 2020 pada OJS 3, hal ini disebabkan karena terjadi error pada sistem sebelumnya (OJS 2) Cut Of System, untuk melihat publikasi artikel dari tahun 2012-2019 &gt;&gt; <strong><a href="https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/JPM/issue/archive">Klik Disini</a></strong></p> <p><span class="VIiyi" lang="id">&nbsp;</span>p-ISSN :&nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1510889254">2615-7446 </a>(cetak) ; e-ISSN :&nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1510794349">2615-7454</a>&nbsp;(online)</p> https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/3428 ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN 2024-07-08T09:44:00+08:00 S.A.E. Sartika Sayuningsihsartika@gmail.com I.G.P. Suharta putu.suharta@undiksha.ac.id I.W.P. Astawa puja.astawa@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis- jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan prosedur Newman dan penyebabnya. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan data langsung dari subjek yang diteliti menggunakan pedoman soal cerita bangun ruang sisi datar. Subjek yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VI SD Bintang Timur berjumlah 16 siswa. Kemudian, dipilih 5 siswa yang akan diwawancara untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes berupa soal cerita dan wawancara. Setiap hasil pekerjaan siswa dianalisis kesalahannya berdasarkan prosedur Newman, kemudian dilakukan wawancara untuk mendeskripsi faktor-faktor penyebab kesalahan siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 5 jenis kesalahan siswa: 1) Kesalahan membaca dan mengetahui arti simbol dan kata kunci pada soal (Reading), yang dilihat dari indikator kesalahan yaitu siswa tidak dapat membaca kata kunci pada soal; 2) kesalahan memahami isi soal (comprehension), sebagian besar siswa tidak menulis hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, salah menulis hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal; 3) kesalahan transformasi soal (transformation) dimana siswa tidak menuis rumus yang digunakan dalam menyelesaikan soal cerita. Banyak siswa yang tidak menulis rumus yang harus digunakan; 4) kesalahan proses (process skill) rata-rata pada proses skill, siswa kesulitan dalam menggunakan operasi hitung matematika untuk menyelesaikan soal; dan 5) kesalahan&nbsp; menentukan jawaban akhir (endcoding) meliputi tidak menulis jawaban akhir dengan benar, tidak menyimpulkan jawaban akhir. Kesalahan paling sedikit dilakukan siswa yaitu pada tahap membaca dan mengetahui arti simbol dan kata kunci pada soal (reading) dengan persentasi sebesar 7,5% dan kesalahan paling banyak muncul pada tahap menentukan jawaban akhir (endcoding) dengan persentase sebesar 82%. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa yaitu terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dimana siswa terburu-buru menyelesaikan soal, minat belajar siswa yang kurang, kemampuan literasi siswa masih rendah,dan kebiasaan siswa yang tidak menulis kesimpulan jawaban akhir. Faktor eksternal kesalahan siswa adalah 1) kurangnya bimbingan orang tua saat proses belajar di rumah; 2) kurangnya kegiatan literasi yang diadakan di sekolah; 3) kelalaian guru yang membiarkan siswa tidak menulis jawaban akhir; dan 4) waktu yang tidak cukup bagi siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang membuat siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal cerita.</p> 2024-07-06T16:34:22+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/3419 PENGEMBANGAN CONTEXTUAL LEARNING ACTIVITY STUDENT’S (CLAS) PADA MATERI POLINOMIAL UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA 2024-07-08T09:44:04+08:00 Y. Nurhayati yanti.200396@gmail.com Supratman supratman@unsil.ac.id D.V. Rahayu diarvenirahayu@unsil.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurang optimalnya kemampuan koneksi matematis siswa di salah satu sekolah jenjang SMA. Siswa merasa kesulitan dalam memahami materi polinomial karena bahan ajar yang digunakan belum dapat memfasilitasi siswa untuk mengoptimalkan kemampuan koneksi matematis. Berhubungan dengan hal tersebut dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa untuk mengoptimalkan kemampuan koneksi matematis. Tujuan dari penelitian untuk mengembangkan <em>Contextual Learning Activity Student’s </em>(CLAS) pada materi polinomial untuk mengeksplor kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian <em>Research and Development </em>(R&amp;D) dengan model 4D, yaitu <em>define</em>, <em>design</em>, <em>development</em> dan <em>disseminate</em>. Subjek penelitian ini yaitu 24 siswa kelas XI MIPA. Pengumpulan data menggunakan angket wawancara, instrumen tes kemampuan koneksi matematis dan lembar validasi untuk mengukur validitas CLAS. Bahan ajar dalam penelitian ini merupakan <em>Contextual Learning Activity Student’s </em>(CLAS). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa CLAS yang dikembangkan dinyatakan valid dan memiliki efektifitas yang tinggi untuk mengeksplor kemampuan koneksi matematis.</p> 2024-07-06T16:40:49+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/2984 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA 2024-07-08T09:44:06+08:00 M.L.A. Putri listyaagata19@gmail.com I.M. Ardana ardanaimade@undiksha.ac.id Sariyasa sariyasa@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini merupakan studi pengembangan dengan tujuan menghasilkan multimedia interaktif berbasis Tri Hita Karana yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika serta pembentukan karakter siswa SMP kelas VIII. Mengadopsi model pengembangan 4D oleh Sivasailam Thiagarajan (1947), dengan tahapan yaitu <em>Define, Design, Develop, </em>dan<em> Disseminate</em>. Namun karena kendala waktu, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap <em>Develop</em>. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 9 Denpasar, dengan melibatkan tiga tahap uji coba. Instrumen penelitian mencakup lembar validitas, lembar keterlaksanaan, angket respon guru, angket respon siswa, tes pemahaman konsep, dan angket penilaian karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Multimedia Interaktif yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi (rata-rata skor 0,84), tingkat praktis yang tinggi (rata-rata skor 3,52), dan tingkat efektivitas yang sangat tinggi dalam meningkatkan pemahaman konsep (rata-rata skor tes 0,73), serta penilaian karakter siswa yang positif, mencapai 84% untuk karakter religius, 86% untuk karakter kemanusiaan, dan 90% untuk kepedulian terhadap lingkungan.</p> 2024-07-06T16:46:59+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/3108 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIIPE TALKING STICK BERBANTUAN QUIZZIZ UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA 2024-07-08T09:44:07+08:00 N.P.N. Yuliandari niputunorayuliandari@gmail.com I.W. Sumandya iwayansumandya@mahadewa.ac.id I.G.P.P.P. Putra partha@sman1kutautara.sch.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Talcking Stick </em>berbantuan media <em>visual </em>kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diadopsi dari Arikunto 2014. Secara ringkas, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek&nbsp; penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara dengan jumlah siswa 38 orang siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data mengenai minat belajar siswa diperoleh dengan menggunakan intrumen yang berbentuk lembar observasi. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis menggunakan dekriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan persentase rata-rata minat belajar 14,04% dari 64,45% pada siklus I kriteria kurang baik menjadi 78,49% kriteria baik pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif&nbsp; <em>tipe Talcking Stick</em> berbantuan media <em>visual</em> dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara.</p> 2024-07-06T16:57:47+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/3162 PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA 2024-07-08T09:44:09+08:00 N.L.P.S. Febrianti sintafebri4@gmail.com Sariyasa sariyasa@undiksha.ac.id I.W.P. Astawa puja.astawa@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif materi bangun ruang sisi datar berbasis <em>problem-based learnin</em>g yang valid, praktis dan efektif serta mendeskripsikan karakteristiknya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan. Subjek penelitian yaitu subjek uji coba terbatas terdiri dari 10 orang peserta didik kelas VIII A dan dua guru matematika, serta subjek uji coba lapangan terdiri dari 30 orang peserta didik kelas VIII SMP Harapan Mulia Denpasar. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan tes. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi untuk mengukur validitas e-modul, lembar pengamatan keterlaksanaan, angket respon guru dan peserta didik untuk mengukur kepraktisan e-modul, serta soal tes kemampuan berpikir kritis untuk mengukur keefektifan e-modul. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian e-modul interaktif ini memenuhi aspek valid, praktis, dan efektif. Karakteristik e-modul interaktif ini yaitu, (1) e-modul disajikan dengan media interaktif seperti video, kuis, latihan interaktif dan <em>geogebra</em>, (2) terdapat <em>hyperlink</em> menuju halaman tertentu, (3) memuat latihan soal pilihan ganda dan mencocokkan yang dapat memberikan respon, dan (4) memuat permasalahan dan aktivitas yang memungkinkan peserta didik melatih kemampuan berpikir kritis, (5) kegiatan dalam e-modul disusun berdasarkan sintaks <em>problem-based learning</em>.</p> 2024-07-06T17:10:23+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/3421 ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI POLINOMIAL 2024-07-08T09:44:12+08:00 Y. Nurhayati yanti.200396@gmail.com K. Ni'mah khomsatun_nimah@polije.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran pada materi polinomial dengan mengacu terhadap kemampuan kognitif siswa. Pada penelitian ini yang dianalisis adalah kemampuan siswa dalam mengerjakan soal polinomial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah berjumlah 21 orang siswa kelas XII MIPA 2 yang berada di SMA Negeri 1 Cigalontang. Metode yang dilakukan adalah dengan memberikan soal tes polinomial yang berjumlah tiga soal, melakukan wawancara tidak tersturktur kepada siswa, serta melakukan wawancara kepada dua orang guru yang ada disekolah tersebut siswa belum memiliki kemampuan koneksi yang tinggi. Hasil analisis yang dilakukan bahwa 71% siswa belum mampu mengaitkan konsep antar materi matematika, dan tidak ada satupun siswa yang dapat mengaitkan materi matematika dengan disiplin ilmu lain serta dalam kehidupan sehari-hari.</p> 2024-07-06T16:50:48+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/3379 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA 2024-07-08T09:44:13+08:00 T.K. Nababan tuti.nababan@student.uhn.ac.id A.S. Situmorang adisuarmansitumorang@uhn.ac.id L.R. Pangaribuan lenapangaribuan@uhn.ac.id <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Novick efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi operasi bentuk aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Siborongborong. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan bersifat eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siborongborong yang berjumlah 8 kelas. Dalam populasi sampel tersebut, penelitian ini adalah Kelas VII-5 yang berjumlah 30 siswa. Alat yang digunakan adalah observasi dan tes uraian yaitu untuk kemampuan pemecahan masalah siswa dengan jumlah soal sebanyak 8 soal yang valid dan reliabel. Berdasarkan persentase ketuntasan secara klasikal kemampuan pemecahan masalah mencapai 86,6 (tuntas). Berdasarkan analisis deskriptif tingkat kesesuaian belajar Novick, terlihat dari tabel observasi aktivitas belajar siswa rata-rata skornya adalah 3,77 (aktif). Oleh karena itu, model pembelajaran Novick efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.</span></span></p> <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Kata kunci: Efektivitas; Model Pembelajaran Novick; Kemampuan Pemecahan Masalah</span></span></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2024-07-06T17:08:13+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/3550 OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MTs MELALUI PEMBELAJARAN BERMAKNA BERBASIS MASALAH 2024-07-08T09:44:15+08:00 S. Rahmawati santirahmawatisarah.321@gmail.com Supratman supratman@unsil.ac.id P. Lestari pujilestari@unsil.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan berfikir kritis matematis siswa dengan pembelajaran bermakna berbasis masalah yang menggunakan media <em>digital book</em>. Dengan memanfaatkan metode eksperimen <em>Pre-Experimental Designs </em>dengan desain <em>One-Group Pretst-Posttest</em>, penelitian ini menganalisis data dari 25 siswa MTs Negeri 2 Tasikmalaya. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan berfikir kritis matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran bermakna berbasis masalah, dengan rata-rata nilai pretes 12,32dan postes 19,32. Uji Paired sample t-test menunjukan nilai Sig.(2-talled) sebesar 1,0559 x 10<sup>-15</sup>, mengindikasikan bahwa peningkatan tersebut signifikan secara statistik. Penggunaan <em>digital book</em> dalam pembelajaran bermakna berbasis malah terbukti efektif dengan effect size sebesar 3,11, yang berada pada kriteria <em>strong effect</em>. Berdasarkan temuan ini, disimpulkan bahwa pembelajaran bermakna berbasis masalah dengan media <em>digital book</em> dapat mengoptimalkan kemampuan berfikir kritis matematis siswa secara signifikan. Saran yang diberikan termasuk pengembangan lebih lanjut media pembelajaran digital dan penerapan model pembelajaran yang serupa di berbagai konteks pendidikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.</p> 2024-07-08T09:34:01+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia