Pendidikan Kewarganegaraan Menjadi Usaha Konkret dalam Pengembangan Nilai Moral Remaja

Main Article Content

Haqqi Setiadjie

Abstract

Moral adalah ukuran baik dan buruknya seseorang yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dan sebagainya, baik individu itu sendiri maupun sekumpulan individu. sedangkan pendidikan moral adalah pendidikan untuk menjadikan manusia bermoral baik dan berkemanusaian. remaja yang tidak memiliki hubungan harmonis dengan orang tuanya di masa kecil kemungkinan besar tidak akan mampu mengembangkan superego yang cukup kuat, sehingga mereka bisa menjadi orang yang sering melanggar norma sosial. Kemandirian serta kematangan moral selalu mengedepankan dalam setiap tingkah laku dalam setiap kehidupan. Kemampuan yang ada dalam hidup seseorang remaja menjadikan diri bisa memiliki akhlak serta sikap secara baik kedepannya Metode peneletian yang dipakai adalah menggunaakan metode penelitian kajian pustaka atau studi kepustakaan yaitu berisi teori teori yang relevan dengan masalah–masalah penelitian.Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang menanamkan nilai moral mahasiswa melalui pendidikan kewarganegaraan serta dapat mengetahui definisi-definisi dari moral dan pendidikan moral. Kesimpulan dari tulisan ini adalah pembentukan moral remaja tidak hanya dari pelajaran-pelajaran lain saja namun dalam Pendidikan Kewarganegaraan juga ikut serta berperan dalam pembentukan moral remaja.

Article Details

How to Cite
Setiadjie, H. (2024). Pendidikan Kewarganegaraan Menjadi Usaha Konkret dalam Pengembangan Nilai Moral Remaja. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 77-82. https://doi.org/10.23887/jmpppkn.v6i2.5079
Section
Articles