IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SMA NEGERI 1 SAWAN

Main Article Content

Andriadi Andriadi
I Wayan Lasmawan
I Nengah Suastika

Abstract




Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kondisi pembelajaran karakter siswadi SMA Negeri 1 Sawan, 2)Untuk mengetahui internalisasi pendidikan karakterdi SMAN 1 Sawan, 3) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Nilai- Nilai Pendidikan Karakter di SMA Negeri 1 Sawan, 4) Untuk Mengetahui apa yang menjadi tantangan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di era revolusi 4.0. Data tentang implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa SMA Negeri 1 Sawan dikumpulkan melalui metode observasi, kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Data analisis dengan menggunakan teknik penelitian kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran karakter siswa di SMA Negeri 1 Sawan berjalan dengan baik. Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa SMA Negeri 1 Sawan melalui kegiatan ekstra-kurikuler (Pramuka, OSIS, PMR,), Menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap upacara dan pada saat pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, Do‟a bersama dan melakukan kegiatan keagamaan. Ini menunjukkan dari hasil pengamatan penelitian, bahwa SMA Negeri 1 Sawan telah terjadi suatu pengupayaan implementasi nilai-nilai karakter secara sistemik baik secara non-akademik dan akademiknya dalam lingkungan SMAN 1 Sawan.




Article Details

How to Cite
Andriadi, A., Lasmawan, I. W., & Suastika, I. N. (2021). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SMA NEGERI 1 SAWAN. Ganesha Civic Education Journal, 2(2), 81-90. Retrieved from https://semnas-fmipa.undiksha.ac.id/index.php/GANCEJ/article/view/346
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)